Dalam minggu ini ditemukan 15 kasus baru di Banjarnegara
Banjarnegara (ANTARA) - Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah Budhi Sarwono menginformasikan bahwa jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Banjarnegara bertambah empat orang berdasarkan hasil tes usap.

"Menurut data terbaru hari ini, terdapat penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak empat orang," kata Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono di Banjarnegara, Rabu.

Dengan demikian, kata dia, jumlah total pasien positif COVID-19 di Banjarnegara sejak awal pandemi hingga saat ini sebanyak 58 orang.

"Dari 58 orang tersebut 41 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh, satu orang meninggal dunia dan 16 orang lainnya sedang dalam perawatan," katanya.

Dengan adanya penambahan empat kasus tersebut, kata bupati, pihaknya kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan.

"Dalam minggu ini ditemukan 15 kasus baru di Banjarnegara, berdasarkan hasil tes usap, dan beberapa di antaranya merupakan tenaga kesehatan dari rumah sakit dan lingkungan dinas kesehatan Banjarnegara ini menunjukkan penyebaran virus ini masih terus terjadi di sekitar kita," katanya.

Baca juga: Pemkab Banjarnegara akan tambah ruang isolasi, antisipasi COVID-19

Baca juga: Bupati Banjarnegara bagikan masker untuk tenaga kesehatan di puskesmas


Dia mengatakan kasus terbaru sebagian besar merupakan orang tanpa gejala sehingga masyarakat harus tetap waspada dan mengedepankan protokol kesehatan.

"Kami berharap masyarakat dapat tetap produktif, beraktivitas dengan bijak namun tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintah," katanya.

Sementara itu bupati mengatakan pihaknya terus mengintensifkan tes cepat dan juga tes usap COVID-19 secara massal guna menemukan dan menelusuri potensi orang tanpa gejala sebagai upaya mencegah penularan virus tersebut di wilayah ini.

Bupati menambahkan pihaknya juga terus mengajak masyarakat untuk ikut berperan aktif dan bahu membahu memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah setempat.

"Budayakan perilaku hidup bersih dan sehat, selalu jaga jarak, selalu menggunakan masker dan rajin cuci tangan pakai sabun dan jangan berkerumun," katanya.

Bupati berharap tidak akan ada lagi penambahan kasus COVID-19 di wilayah setempat sehingga Banjarnegara bisa segera menjadi zona hijau.

Baca juga: Polres Banjarnegara intensifkan patroli malam hari

Baca juga: Polres Banjarnegara kembali lakukan penyemprotan disinfektan


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020