Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo akan menjembatani kebutuhan para musisi serta seniman lain selama masa pandemi COVID-19.

Hal tersebut diungkapkan musisi Kikan Namara setelah memenuhi undangan Presiden bersama sejumlah seniman lain, di Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa.

"Tadi bapak (Presiden Joko Widodo) menyampaikan akan menampung semua masukan yang dikasih sama teman-teman seniman dan akan merumuskan program-program bersama dengan Kementerian Parekraf untuk bisa menjembatani kebutuhan teman-teman musisi," ujar Kikan kepada ANTARA melalui pesan singkat di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Presiden Jokowi undang seniman untuk kampanyekan protokol kesehatan

Baca juga: Bamsoet bagikan 250 paket sembako ke komunitas seniman jalanan


Kikan mengatakan pada pertemuan itu para perwakilan seniman musik secara khusus meminta pemerintah agar lebih memerhatikan kesejahteraan musisi terutama yang berada di lini bawah, seperti musisi yang biasanya secara berkala tampil di kafe.

"Sekarang kan benar-benar 'mati' karena izin tempat mereka 'manggung' juga belum bisa dibuka," kata Kikan.

Musisi bernama lengkap Namara Surtikanti itu mengatakan musisi lini bawah adalah salah satu seniman musik yang paling terdampak, termasuk juga musisi tradisional, yang biasa menampilkan pertunjukan kesenian daerah.

"Selain itu, juga pastinya orang-orang 'belakang panggung' seperti crew, operator, vendor soundsystem, vendor lighting dan sebagainya," papar Kikan.

Menurut Kikan, undangan pertemuan seniman dengan Presiden dijadwalkan pukul 10.00 WIB. Namun, pertemuan baru berlangsung sekitar 11.30 WIB.

Baca juga: BNPB serahkan bantuan masker ke Persatuan Seniman Komedi Indonesia

Bersama Kikan, turut hadir sejumlah seniman lain seperti Desta, Cak Lontong, Butet Kertaradjasa, Ine Febriyanti, Raisa, Raffi Ahmad, Tompi, Anji, Boy William, Gading Marten, Andre Taulani, Lukman Sardi, Denny Malik dan lainnya.

"Undangan jam 10 pagi dan semua tamu harus rapid test dulu, dan menunggu teman-teman yang lain datang. Seingat aku tadi pertemuanya baru dimulai jam 11.30-12.30 WIB," ujar Kikan.

Lebih lanjut, Kikan mengatakan pertemuan seniman dengan Presiden dibagi dua kumpulan atau batch, pagi dan siang hari.

Sementara itu terpisah, seniman Butet Kertaradjasa mengatakan Presiden Joko Widodo mengundang para artis dan seniman untuk dapat mendukung pemerintah dalam mengampanyekan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran COVID-19.

Presiden mengharapkan seniman ikut membantu pemerintah mengartikulasikan pemikiran strategis dari pemerintah dalam konteks menyelamatkan bangsa dari ancaman pandemi.

Baca juga: Dramawan Suastini Koster ajak seniman berkarya di tengah COVID-19

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020