Pamekasan (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pamekasan Provinsi Jawa Timur menyebutkan empat warga yang sebelumnya dinyatakan positif terpapar COVID-19 telah sembuh berdasarkan hasil uji laboratorim Kementerian Kesehatan RI.

Menurut Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pamekasan Sigit Priyono di Pamekasan Rabu malam ke empat warga Pamekasan yang positif COVID-19 dan kini telah sembuh itu, dari dua kecamatan.

"Mereka itu, dari Kecamatan Pamekasan dan Kecamatan Tlanakan," kata Sigit dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA.

Baca juga: 11 santri Pondok Gontor kembali ditemukan positif COVID-19

Ke empat warga itu masing-masing berinisial M (18), M (42), A (52) dan W (63).

Pasien berinisial M (18) berjenis kelamin laki-laki asal Kecamatan Pamekasan, pasien M (42) juga berjenis kelamin laki-laki asal Kecamatan Tlanakan lalu pasien berinisial A (52), berjenis kelamin laki-laki asal Kecamatan Tlanakan, terakhir pasien berinisial W (65) laki-laki asal Kecamatan Pamekasan

"Jadi, laki-laki sebanyak 3 orang dan perempuan 1 orang," katanya menjelaskan.

Baca juga: Angka kesembuhan di Jatim konsisten tertinggi nasional selama sepekan

Selain pasien positif terpapar COVID-19, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pamekasan juga mengumumkan adanya pasien dengan pasien dalam pengawasan (PDP) yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil tes usap.

"Ada 2 orang PDP yang dinyatakan bebas COVID-19 berdasarkan hasil uji lab, yakni asal Kecamatan Pademwu dan Kecamatan Batumarmar," kata Sigit.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di Batam tambah dua jadi 227 orang

Ia menuturkan kedua orang ini sebelumnya dinyatakan reaktif berdasarkan hasil tes cepat, sehingga masuk dalam status pasien dalam pengawasan (PDP).

Selanjutnya tim melakukan tes usap dengan mengirim sampel spesimen dahak dan hasilnya, kedua PDP yang sebelumnya reaktif dalam pelaksanaan tes cepat itu dinyatakan negatif.

"Masing-masing pasien berinisial T (60) asal Kecamatan Pademawu, dan pasien berinisial S (60) asal Kecamatan Batumarmar," katanya menjelaskan.

Dengan adanya tambahan pasien positif yang sembuh sebanyak empat orang ini maka kini jumlah total warga Pamekasan yang dinyatakan positif COVID-19 dan telah sembuh sebanyak 66 orang dari total 175 orang. Jumlah pasien yang masih menjalani perawatan kini sebanyak 84 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 25 orang.

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang telah selesai dilakukan pengawasan sebanyak 41 orang, lalu 46 orang masih dalam pengawasan, dan sebanyak 35 orang lainnya meninggal dunia.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2020