Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengajak warga berbagi dengan berbagai cara baik sumbangsih berbentuk materi, tenaga, maupun lainnya untuk membantu saudara-saudara yang membutuhkan di momen Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

"Yang paling penting adalah memberi dengan tulus ikhlas supaya mereka dapat merasakan apa yang kita rasakan terutama yang benar-benar membutuhkan," kata Wali Kota Risma di Surabaya, Jatim, Jumat.

Ia mencontohkan sepenggal kisah keikhlasan dan ketulusan Nabi Ibrahim AS dalam melakukan kurban. Kala itu, lanjut dia, Nabi Ibrahim rela mengikhlaskan putranya untuk disembelih. Namun saat akan disembelih, tiba-tiba putra yang bernama Ismail itu digantikan oleh Allah SWT dengan seekor domba.

Baca juga: Idul Adha, dua dokter diterjunkan awasi kurban di Masjid Istiqlal

"Kita diberikan contoh yang sangat luar biasa. Saat itu nabi ikhlas dan tulus untuk melakukan kurban. Sekalipun pada sesuatu yang amat disayangi. Semua itu dilakukannya demi mencari Ridho Allah SWT," katanya.

Oleh karena itu, Risma mengajak kepada seluruh warga untuk memanfaatkan momen ini dengan belajar dan mengerti makna berkurban. Terutama di tengah pandemi COVID-19, saat dimana warga yang berkurban merasakan bagaimana harus rela, ikhlas serta tulus untuk berdonasi atau berkurban.

"Apalagi warga atau saudara kita yang terdampak pandemi," katanya.

Risma juga meminta masyarakat untuk memulai dengan ikhlas dan tulus dalam mengenakan masker. di tengah pandemi COVID-19. Bagi dia, dengan bermasker tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi melindungi keluarga serta orang-orang yang tercinta.

Baca juga: Idhul Adha, Masjid Istiqlal potong 36 hewan kurban pada Sabtu

"Karena itu mari kita mulai pengorbanan ini dengan mematuhi protokol-protokol kesehatan terutama memakai masker," ujarnya.

Untuk itu, Risma tidak henti-hentinya berpesan agar warga tetap saling solid, bahu membahu serta memperhatikan orang-orang yang ada di sekitarnya. Sebab, menurut dia, Tuhan telah menciptakan semesta seisinya dengan segala warna dan bentuk yang beragam.

Artinya, kata dia, Tuhan ingin agar sesama manusia tidak saling membeda-bedakan meskipun dengan latar belakang yang berbeda.

"Memang terkadang sulit bagi kita untuk mengikhlaskan atau berkurban terhadap apa yang kita yakini dan sayangi. Tapi percayalah semua ini akan kembali," katanya.

Ia berharap ke depan warga Surabaya semakin meningkatkan rasa gotong royong dan kekeluargaan. Menurutnya, saat bergotong royong dan berbagi, di situ Allah SWT sudah menyiapkan ganti yang lebih indah dan cara yang terduga-duga.

Baca juga: Anies minta warga menaati larangan shalat Idul Adha di zona merah
Baca juga: Sapi kurban Bupati Bogor dipasangi masker
Baca juga: Masjid At-Tin TMII potong 23 ekor sapi Idul Adha 1441H

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020