Disbud Sleman selenggarakan "Festival Langen Carita 2020"

id Dinas Kebudayaan Sleman,Disbud kabupaten Sleman,Festival langen Carito,Disbud Sleman,Kabupaten Sleman,Sleman,Festival langen carita

Penampilan salah satu peserta "Festival Langen Carito 2020" yang diselenggarakan Disbud Kabupaten Sleman. ANTARA/HO-Humas Pemkab Sleman/am.

Sleman (ANTARA) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman , Daerah Istimewa menyelenggarakan Festival Langen Carita 2020 tingkat kabupaten pada Sabtu dan Minggu (1-2 Agustus) di Gedung Kesenian Sleman di kawasan Denggung yang disiarkan secara live streaming melalui chanel You Tube.

"Festival Langen Carita yang diikuti 17 kontingen anak-anak dan remaja se-Kabupaten Sleman ini dibiayai dengan Dana Keistimewaan (Danais) DIY disiarkan secara live streaming melalui chanel You Tube Dinas Kebudayaan Sleman," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara di Sleman, Minggu.

Menurut dia, pada hari pertama Sabtu 1 Agustus menampilkan delapan kontingen dan hari kedua Minggu 2 Agustus ada sembilan kontingen.

"Langen carita merupakan sebuah pementasan cerita (teater) yang berupa gabungan tarian dan tembang diiringi seperangkat gamelan," katanya.

Baca juga: Penikmat seni diajak lomba menari & berlatih menulis prosa #dirumahaja
Baca juga: Kemendikbud apresiasi kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

Baca juga: Ribuan masyarakat saksikan kirab budaya Saparan Bekakak di Sleman

Ia mengatakan penyelenggaraan festival tersebut untuk menciptakan iklim kreatif bagi pengembangan seni tradisi khususnya di Kabupaten Sleman.

"Selain itu untuk meningkatkan apresiasi masyarakat, menumbuhkan kreativitas, dan gagasan menarik tentang langen carita di tengah budaya masyarakat, serta untuk mempopulerkan kembali seni tradisi agar tidak musnah," katanya.

Aji mengatakan, pada masa pandemi COVID-19 untuk pelaksanaannya tetap wajib menerapkan protokol kesehatan.

"Kegiatan ini juga diharapkan menjadi tontonan yang menarik bagi anak-anak di rumah sehingga tidak hanya main game saja," katanya.

Baca juga: Orkestra Melbourne berkolaborasi dengan Didik Nini Thowok
Baca juga: Pemprov Yogyakarta gali potensi wisata budaya Dlingo
Baca juga: Dinas Kebudayaan Sleman susun SOP atraksi budaya normal baru

Pewarta : Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar