penonton dapat menyaksikan pertunjukan dengan membawa masuk mobilnya ke area pertunjukan
Denpasar (ANTARA) - Konser musik berkonsep drive-in bertajuk Bali Revival: New Era Festival siap diselenggarakan di Rooftop Parkir Monkey Forest, Desa Padangtegal, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, pada 15-17 Agustus  2020.

"Pergelaran konser ini kami gagas dengan konsep 'drive-in' dan penonton dapat menyaksikan pertunjukan dengan membawa masuk kendaraan mobilnya ke area pertunjukan dan dapat menikmati konser di garis kotak yang telah disediakan di sebelah mobilnya," ujar pimpinan Focus Production, Jos Darmawan di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan latar belakang penyelenggaraan konser tersebut adalah karena dampak pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama hampir enam bulan sangat dirasakan pengaruhnya pada semua aspek kehidupan, baik bidang ekonomi, pariwisata maupun sektor ekonomi kreatif termasuk berdampak terhadap kegiatan seni budaya.

Baca juga: Penyelenggaraan Ubud Village Jazz Festival 2020 dibatalkan

Akibat pandemi COVID-19, seniman, musisi, artis bahkan pegiat seni yang ada di Bali, menurutnya merasakan dampak sangat signifikan terhadap pekerjaan yang bisa dikatakan nihil.

"Tujuan utamanya adalah untuk membangkitkan semangat masyarakat Bali khususnya pelaku seni untuk tetap berkarya dan berkreativitas dalam rangka pemulihan perekonomian di Bali. Dengan digaungkannya Bali era baru, kami optimis untuk segera bangkit dengan kebiasaan dan tata cara yang baru termasuk dalam penyelenggaraan konser musik," katanya.

Jos Darmawan mengatakan konser tersebut juga akan menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Baca juga: Pengrajin seni lukis di Bali pasarkan masker hingga mancanegara

"Jangan sampai kegiatan baik ini dapat menimbulkan hal yang tidak baik. Semua harus patuh terhadap protokol kesehatan dan aturan yang kami tentukan. Kami juga telah menerapkan transaksi non-tunai termasuk dalam pembelian tiket konser. Semua transaksi dilakukan secara daring," katanya.

Dalam sekali pelaksanaan, lokasi penyelenggaraan konser tersebut mampu menampung 70 mobil yang masing-masing mobil maksimal hanya dapat diisi oleh empat orang penonton. Untuk tiket konser, dibanderol seharga Rp400 ribu per mobil untuk satu hari pelaksanaan.

Baca juga: Bali perlu memiliki protokol pertunjukan seni di masa normal baru

Bali Revival 2020 rencananya akan menampilkan sejumlah penyanyi dan grup musik dengan berbagai aliran atau jenis musik seperti Lolot, Navicula, Di Ubud, Balawan, The Hydrant, Dialog Dini Hari, Jun Bintang, Dek Ulik dan Manja grup.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memberi hiburan kepada masyarakat Bali dan memberi rasa optimis yang tinggi dalam rangka pemulihan perekonomian," ungkap Jos Darmawan.

Baca juga: Konjen RRT di Denpasar serahkan beasiswa studi bahasa Mandarin

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020