Dari 160 yang tes usap, dua orang diketahui positif sedangkan sisanya negatif
Simpang Empat,- (ANTARA) - Pasien positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) bertambah dua orang hari ini, Rabu.

"Kedua pasien positif itu inisial AR (63) dan AM (23) merupakan keluarga pasien positif sebelumnya dan melakukan kontak langsung dengan pasien positif sebelumnya," kata Bupati Pasaman Barat Yulianto melalui Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pasaman Barat Edi Busti di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan terhadap kedua pasien itu akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk diperiksa kesehatannya apakah diisolasi di RSUD atau ke rumah sakit yang ada di Kota Padang.

Menurut dia kedua pasien itu diketahui positif berdasarkan informasi dari Laboratorium Rumah Sakit Unand Padang terhadap hasil 160 sampel tes usap atau swab test pada Senin (10/8) di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Puskesmas Sungai Aur.

"Dari 160 yang tes usap, dua orang diketahui positif sedangkan sisanya negatif," tegasnya.

Terhadap dua orang pasien yang diketahui positif itu pihaknya akan melakukan pelacakan atau tracing siapa saja yang kontak dengan kedua pasien.

Baca juga: Kasus positif COVID-19 sembuh di Sumsel bertambah 74 orang

Baca juga: Dalam dua hari kasus positif COVID-19 di Kota Bogor bertambah 24


"Meskipun demikian kita jangan pernah lengah dan selalu waspada serta patuhi protokol kesehatan COVID-19," ujarnya.

Protokol kesehatan itu yang harus diikuti seperti rajin mencuci tangan dengan air mengalir, selalu memakai masker serta menjaga jarak.

"Semoga Pasaman Barat yang kita cintai ini terhindar dari wabah COVID-19, dan bagi enpat orang warga yang positif tersebut cepat pulih seperti sedia kala," harapnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Perceparan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia menambahkan kedua orang pasien ASN sebelumnya SP (30) dan CBR (25) saat ini masih mendapatkan perawatan di RSUD Pasaman Barat.

"Saat ini kondisinya baik dan mudah-mudahan cepat pulih kembali," ujarnya.

Sebelumnya dua orang ASN positif COVID-19 itu merupakan pasangan suami istri SP (30) dan CBR (25) yang bertugas di Bagian Pemerintahan Magari Sekretariat DaerahPasaman Barat dan Bappeda Pasaman Barat.

Kedua suami istri itu merupakan pelaku perjalanan. Mereka melakukan perjalanan dari Lhokseumawe Aceh menuju Medan Sumatera Utara menggunakan bus pada tanggal 2 Agustus 2020. Kemudian dari Medan ke Kota Padang menggunakan pesawat.

Kedua suami istri itu diketahui positif COVID-19 setelah keluarnya hasil swab dari Laboratorium Unand Padang pada Jumat (7/8).

Baca juga: Kasus COVID-19 di Batam bertambah 7

Baca juga: Kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta bertambah 471

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020