Sulut, Sangihe (ANTARA) - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kodim 1301/Sangihe bersama nelayan setempat membentangkan kain merah putih sepanjang 50 meter di Pelabuhan Tua (Peltu) Kelurahan Sawang Bendar Kecamatan Tahuna.

"Hari ini kami membentangkan kain merah putih sepanjang 50 meter di pelabuhan Tua Tahuna untuk memeriahkan HUT ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia," kata Pasiter Kodim, Kapten Celcius Wangka di Tahuna, Sabtu.

Baca juga: Polda Aceh kibarkan Merah Putih di dasar laut nol kilometer Indonesia

Kegiatan ini kata dia, merupakan salah satu bentuk rasa nasionalisme serta kemanunggalan TNI dengan masyarakat nelayan di pesisir pantai Kepulauan Sangihe.

Menurut dia, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi momentum dalam memupuk semangat nasionalisme di kalangan masyarakat termasuk nelayan pesisir di Tahuna.

Dandim Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto mengapresiasi upaya pembentangan Bendera Merah Putih di laut kepulauan Sangihe khususnya Tahuna.

"Kami mengapresiasi upaya pembentangan bendera di  Pantai Tahuna sebagai salah satu bukti tingginya semangat patriotisme dan cinta tanah air yang tertanam pada masyarakat di wilayah perbatasan," kata Dandim.

Baca juga: Instagram dan Snapchat semarakkan peringatan HUT ke-75 RI

Menurut Dandim, semangat patriotisme selalu menyemangati kehidupan masyarakat perbatasan dengan negara Filipina agar selalu siap mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Semangat patriotisme selalu menyemangati keseharian masyarakat Sangihe dalam mempertahankan kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia," ungkap Dandim.

Baca juga: Raisa siap gelorakan peringatan HUT RI dengan "Indonesia Pusaka"

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2020