Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) menerima 8.628 mahasiswa baru dari jenjang Diploma 3 (D3), Sarjana Terapan (D4), dan Strata 1 (S1) untuk tahun 2021.

"Pada tahun ini, UI menerima mahasiswa baru jenjang S1 melalui tiga jalur penerimaan," kata Kepala Biro Humas dan KIP UI Amelita Lusia M.Si. dalam keterangannya, Kamis.

Pertama jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dengan kuota 20 persen, kedua Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan kuota 30 persen dan ketiga Seleksi Masuk (SIMAK) UI yaitu ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan mandiri oleh UI dengan kuota 50 persen.

Untuk pendaftaran (SNMPTN) tahun 2021 dilakukan sejak 15 Februari hingga 24 Februari 2021 melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id dengan cara login menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.

Baca juga: Seleksi masuk UI melalui SNMPTN dibuka hingga 24 Februari 2021

Amelita menyampaikan bahwa penerimaan mahasiswa baru untuk S1 reguler lewat jalur SNMPTN adalah 1.091 kursi, sedangkan untuk UTBK SBMPTN sejumlah 1.632 kursi, dan yang mengikuti ujian mandiri SIMAK UI adalah 2.735 kursi.

Untuk S1 paralel, tersedia 664 kursi lewat jalur Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan 663 kursi dari jalur SIMAK UI. Ia menambahkan, Kelas Internasional menyediakan 257 kursi lewat jalur Talenscouting, dan 386 dari jalur masuk SIMAK UI.

"Program Pendidikan Vokasi untuk jenjang D3 dan D4 dapat didaftar melalui dua jalur yaitu Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan SIMAK UI. Untuk jenjang D3, UI menerima 533 mahasiswa dari jalur PPKB, dan 222 kursi dari jalur SIMAK," katanya.

Baca juga: FTUI buka program studi magister teknik lingkungan

Tahun ini, katanya UI membuka enam program studi baru jenjang Sarjana Terapan (D4). Mahasiswa yang menempuh pendidikan sarjana terapan ini akan menyelesaikan studi selama delapan semester dan memperoleh gelar Sarjana Terapan (S.Tr.).

"Jenjang ini menerima 313 mahasiswa baru melalui Jalur PPKB dan 132 kursi dari jalur SIMAK UI," kata Amelita.

Jika melihat data pada tahun 2020, program studi yang paling diminati di UI untuk rumpun ilmu sains dan teknologi adalah Pendidikan Dokter dengan angka keketatan 0,03 persen. Urutan kedua yang diminati adalah program studi (prodi) Aktuaria, kemudian prodi Gizi.

Baca juga: Vokasi UI buka program studi produksi media jenjang Sarjana Terapan

Pada rumpun ilmu sosial dan humaniora prodi yang paling diminati adalah Ilmu Hubungan Internasional dengan angka keketatan 0,02 persen. Kemudian untuk urutan kedua dan ketiga prodi yang paling diminati adalah ilmu komunikasi dan Bahasa dan Kebudayaan Korea.

Pendaftaran jalur masuk PPKB dan Talentscouting telah dibuka sejak 4 Februari hingga 6 Maret 2020. Jalur mandiri SIMAK UI akan dibuka pada 3 Mei – 9 Juni 2021 dengan materi seleksi Kriteria Nilai UTBK (untuk pendaftar S1 reguler) dan nilai ujian SIMAK UI, yang terdiri atas Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua jurusan, Kemampuan IPA terdiri dari Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia, dan Kemampuan IPS terdiri dari Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi.

Untuk Kelas Internasional, yang akan diuji adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science), dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian, dan World History, Geography, Sociology (Social Science).

Baca juga: UI kukuhkan delapan guru besar fakultas kedokteran
Baca juga: FIB UI kembangkan metode pembelajaran daring

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021