Rio De Janeiro (ANTARA) - Brazil mencatat rekor satu hari 115.228 kasus virus corona baru yang dikonfirmasi dalam 24 jam terakhir, menurut Kementerian Kesehatan.

Pandemi COVID-19 di Brazil menunjukkan tanda-tanda peningkatan meskipun upaya vaksinasi yang lama tertunda akhirnya mendapat dorongan dari pemerintah.

Brazil telah mencatat angka kematian COVID-19 tertinggi di dunia di luar Amerika Serikat, dengan lebih dari setengah juta nyawa hilang, menurut hitungan resmi kementerian.

Tetapi sementara situasi di Amerika Serikat dan negara-negara paling kaya membaik berkat tingkat vaksinasi yang lebih tinggi, Brazil dan negara lain di Amerika Selatan bulan ini telah melihat wabah terbesar mereka.

Baca juga: Lewati 500.000 kematian COVID, pakar Brazil beri peringatan
Baca juga: Presiden Brazil berencana perbolehkan penerima vaksin tak pakai masker


Rata-rata tujuh hari Brazil untuk kasus dan kematian virus corona baru sekarang menjadi yang tertinggi di dunia, setelah melampaui India minggu lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Reuters.

Brazil menandai tonggak 500.000 kematian COVID-19 selama akhir pekan dengan protes nasional terhadap penanganan pandemi oleh pemerintah.

Negara ini lambat dalam meluncurkan vaksin dengan hanya 12 persen orang Brazil yang diimunisasi penuh, menurut data Kementerian Kesehatan.

Upaya telah dipercepat baru-baru ini, dengan negara bagian tertentu seperti Sao Paulo memperkirakan vaksinasi untuk semua orang dewasa pada bulan September.

Pemerintah Presiden Jair Bolsonaro berada di bawah pengawasan atas keterlambatan dan dugaan pelanggaran dalam mendapatkan vaksin, setelah gagal menanggapi tawaran awal dari Pfizer tahun lalu.

Pemerintah malah membuat kesepakatan untuk vaksin yang lebih mahal yang dibuat oleh Bharat Biotech India.

Sebuah komite Senat sedang menyelidiki tuduhan terkait Bharat di tengah penyelidikan yang lebih luas atas tanggapan pemerintah.

Seorang pejabat Kementerian Kesehatan Brazil mengatakan kepada jaksa bahwa dia menghadapi tekanan internal dari seorang pembantu Menteri Kesehatan saat itu Eduardo Pazuello untuk membeli vaksin Bharat Biotech India.

Dalam jumpa pers pada Rabu, Sekretaris Kepresidenan Bolsonaro Onyx Lorenzoni mengatakan vaksin Bharat tidak terlalu mahal.

Kementerian Kesehatan tidak menanggapi permintaan komentar tentang tuduhan tersebut.

Pada Rabu, komite juga memanggil perwakilan dari Facebook, Google dan Twitter untuk bersaksi di depan komite karena mempertimbangkan kemungkinan kejahatan terkait dengan kesalahan informasi daring tentang COVID-19.

Sumber : Reuters

Baca juga: Brazil laporkan total 18 juta lebih kasus COVID-19
Baca juga: Warga Brazil protes peran Bolsonaro dalam 500.000 kematian COVID-19

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021