Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan adanya potensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang di beberapa daerah seperti sebagian Sumatera dan hampir di seluruh wilayah Jawa serta sebagian Sulawesi pada hari ini (Jumat, 25/6).

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip dari situs BMKG dari Jakarta, Jumat, terdapat beberapa wilayah berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir, yaitu Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.

Baca juga: BMKG: Sejumlah daerah diprakirakan alami hujan lebat

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat disertai petir di Jakarta


Selain itu, juga berpotensi terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, serta Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi yang mengalami hujan dengan intensitas lebih rendah terdapat di Sumatera Barat, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua Barat.

Menurut BMKG, potensi pertumbuhan awan hujan meningkat di daerah sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan konvergensi. Situasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Bengkulu dan Kalimantan Barat yang membentuk daerah pertemuan kecepatan angin atau konvergensi.

Konvergensi itu memanjang dari perairan selatan Jawa Barat hingga Samudera Hindia barat Lampung dan dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat. Daerah konvergensi juga terpantau dari Papua selatan sampai Laut Arafuru dan di Papua tengah.

Baca juga: BMKG prakirakan hujan lebat di beberapa provinsi

BMKG juga memperingatkan adanya beberapa daerah yang masuk kategori waspada banjir dan bandang akibat hujan lebat, yaitu Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Untuk wilayah tengah dan timur Indonesia potensi itu terdapat di Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua yang semuanya masuk kategori waspada.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021