Hewan kurban Presiden yang diserahkan di Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis limosin cross yang berasal dari Pancoran, Jakarta dan memiliki bobot 1.199 kilogram
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyerahkan hewan kurban untuk disembelih pada Idul Adha 1442 Hijriah kepada panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin.

Berdasarkan siaran pers yang diterima dari Biro Pers Sekretariat Presiden, di Jakarta, Senin, penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko kepada Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal K.H. Asep Syaifuddin.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan hewan kurban Presiden yang diserahkan di Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis limosin cross yang berasal dari Pancoran, Jakarta dan memiliki bobot 1.199 kilogram. Selain di Masjid Istiqlal, Presiden juga berkurban di banyak tempat.

"Total sapi yang dipersiapkan ada 35 ekor, setiap provinsi (mendapat) satu ekor dan ada satu ekor untuk (Masjid) Istiqlal," katanya.

Sapi kurban Presiden tersebut telah diperiksa oleh dokter hewan dan mendapatkan sertifikat kesehatan hewan yang menyatakan sapi tersebut sehat dan tidak menunjukkan adanya penyakit hewan menular strategis (PHMS).

"Semua telah disterilisasi oleh Dinas Peternakan daerah. Sekretariat Presiden bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk (menyediakan) sapi-sapi tersebut dan di bawah kontrol dokter hewan setempat," kata Heru.

Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. Presiden Joko Widodo sendiri diagendakan untuk melaksanakan shalat sunah Idul Adha di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Presiden: Idul Adha mengandung pesan mulia

Baca juga: Presiden Jokowi siapkan 35 sapi untuk kurban

Baca juga: Hewan kurban dari Presiden untuk Parigi Moutong berbobot 964 kilogram

Baca juga: Presiden Jokowi kurban sapi seberat 780 kilogram di Bengkulu


 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021