Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo mengatakan sejumlah masjid menggelar Shalat Id dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat saat perayaan Idul Adha 2021.
 
"Yah memang hari ini tidak terlalu banyak yang menggelar shalat, namun anggota laporkan tadi pagi pelaksanaan dengan protokol kesehatan yang ketat," kata Kombes Pol Ady Wibowo saat ditemui di kawasan Kalijodo, Jakarta Barat, Selasa.

Baca juga: Angka kriminalitas di Jakarta Barat turun 12 persen saat PPKM Darurat
 
Namun, Kapolres Metro Jakarta Barat tidak merinci jumlah masjid yang menggelar Shalat Id di wilayahnya tersebut.
 
Ady menegaskan pihaknya bersama unsur TNI dan Pemerintah Kota Jakarta Barat telah mengimbau masyarakat agar tidak menggelar Shalat Id di masjid untuk menghindari kerumunan massa dan potensi penyebaran COVID-19.
 
Hal itu sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.
 
Selain itu, Ady juga mengklaim tidak ada warga Jakarta Barat yang melakukan tradisi takbir keliling pada malam Idul Adha.

Baca juga: Petugas nyaris ditabrak pelaku penjambretan di pos Kalideres
 
Hal tersebut terlihat dari hasil pemantauan polisi saat menjaga beberapa titik di wilayah Jakarta Barat pada Senin kemarin malam.
 
Ady mengungkapkan warga Jakarta Barat cenderung mengumandangkan takbir di masjid lingkungan rumah masing-masing.
 
"Tapi kami melihat tidak ada yang berkeliling di wilayah Jakarta Barat," jelas Ady.
 
Dengan berkurangnya warga yang takbir keliling, Kapolres Metro Jakarta Barat berharap dapat menekan angka penyebaran COVID-19.

Baca juga: Kepala Rutan Depok ditangkap terkait narkoba di Jakarta Barat

Pewarta: Walda Marison
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021