Batang (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI La Nyalla Mahmud Mattalitti memaparkan kisah hidupnya dan memberi nasehat kepada para santri Pondok Pesantren Modern Tazakka Kabupaten Batang, Jawa Tengah, agar bisa menjadi orang sukses.

"Kerja keras harus menjadi gaya hidup. Selain kerja keras juga belajar dengan keras dan berdoa dengan keras karena ikhtiar itu harus diimbangi dengan doa. Allah pasti akan meridhoi kita jadi orang sukses," katanya saat berkunjung di Ponpes Modern Tazakka Kabupaten Batang, Senin.

La Nyalla mengingatkan sebagai manusia agar kita selalu bersandar kepada Allah karena Allah maha pemberi segalanya.

Lika-liku kehidupan, kata dia, juga ada suka dan dukanya karena semua itu adalah ujian yang harus dihadapi manusia.

"Jangan bersandar kepada manusia. Bersandarlah hanya kepada Allah dan harus yakin bahwa Allah akan memberi yang terbaik bagi kita, yang terpenting tetap gigih, jangan patah semangat, serta berjuang sampai akhir hayat," katanya.

Kepada para santri, kata La Nyalla mengingatkan agar dapat merumuskan langkah-langkah menuju kesuksesan mulai dari saat ini.

"Tentukan sikap, jangan terputus ikhtiar dan doa. Selama hidup kita semua belajar hidup karena hidup yang abadi adalah di akhirat nanti," katanya.

"Kita harus belajar hidup yang baik-baik. Semoga ini menjadi inspirasi adik-adik santri," katanya, menegaskan.

La Nyalla juga menyampaikan kekuatan sedekah dan infaq sebagai faktor dalam menggapai kesuksesan hidup.

"Dari SMP saya belajar usaha, jualan cokelat kepada teman-teman. Hasilnya tidak besar, tetapi kakek dan orang tua saya selalu menyuruh untuk menyisihkan hasil keuntungan sebanyak 2,5 persen, setelah terkumpul banyak diberikan ke anak yatim dan fakir miskin," katanya.

Ia mengatakan pelajaran untuk menyisihkan hasil keuntungan sebesar 2,5 persen tersebut terbawa dirinya hingga sekarang.

"Kita harus beramal, tentunya dengan keikhlasan," katanya.

Pimpinan Ponpes Modern Tazakka KH. Anizar Masyhadi menyampaikan bahwa Ponpes Modern Tazakka mendapat kehormatan yang luar biasa atas kunjungan Ketua DPD RI.

"Sebuah kehormatan besar bagi Tazakka dikunjungi oleh tokoh nasional. Di tengah kesibukannya masih mau menyempatkan diri hadir yang tentunya dalam rangka melihat generasi penerus, calon-calon wajah pemimpin Indonesia," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021