Sumbar raih peringkat 10 pada STQ Nasional 2021 di Maluku Utara

id stq nasional,Sumbar raih peringkat 10 pada STQ Nasional,STQ Nasional 2021 di Maluku Utara,Sumbar peringkat 10 STQ Nasional 2021

Sumbar raih peringkat 10 pada STQ Nasional 2021 di Maluku Utara

Penyerahan hadiah kepada pemenang STQ Nasional XXVI 2021 di Sofifi, Jumat malam (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Sofifi, Maluku Utara (ANTARA) - Kafilah Sumatera Barat berhasil meraih peringkat 10 dari 34 provinsi yang berlomba pada ajang Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI 2021 yang digelar di Sofifi, Maluku Utara pada 16-22 Oktober 2021.

Masuknya Sumbar sebagai provinsi 10 besar pada ajang STQ Nasional XXVI 2021 diumumkan langsung oleh Ketua Dewan Hakim Said Agil Husin Almunawar di Sofifi, Jumat malam.

Baca juga: Kumandang merdunya lantunan ayat suci Al Quran dari Sofifi

Tampil sebagai juara umum DKI Jakarta, rangking 2 Jawa Timur, rangking 3 Sumatera Utara, rangking 4 Banten, rangking 5 Riau dan Bangka Belitung, rangking 6 Jawa Tengah, rangking 7 Kepulauan Riau, rangking 8 Jawa Barat, rangking 9 Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan serta rangking 10 Sumbar dan Papua.

Pada ajang STQ Nasional XXVI kafilah Sumbar meraih juara I pada cabang tafsir Al Quran cabang bahasa Arab atas nama Rusydi Haris Dwiputra

Kemudian juara harapan 2 pada cabang tilawah dewasa putra atas nama Dasrizal, juara harapan 3 pada cabang hifzhil 5 juz putri atas nama Fathiyah Arafah Afsyah.

Baca juga: Wagub Sumatera Barat motivasi kafilah Sumbar di STQ 2021 di Sofifi

Lalu juara harapan 1 pada cabang tafsir bahasa Arab putri atas nama Fithri Mardiyah.

Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Sumatera Barat M Ridho Nur bersyukur atas pencapaian ini dan ke depan bertekad untuk lebih fokus melakukan pembinaan dan regenerasi pada qori dan qoriah di Sumbar

"Semoga ke depan di ajang nasional berikutnya Sumbar bisa lebih baik lagi dan pencapaian hari ini merupakan sesuatu yang harus disyukuri atas semua perjuangan yang telah dilakukan," kata dia.

Baca juga: Kemenag berharap tidak ada penularan COVID-19 pada STQ Nasional 2021

Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setdaprov Sumbar Syaifullah menyebutkan kafilah Sumbar untuk STQH 2021 terdiri atas 20 orang yang berlaga pada empat cabang dan 10 golongan.

Cabang pertama Tilawah terdiri dari golongan dewasa putra putri dan anak-anak putra putri.

Cabang Tahfidz ada lima golongan tahfidz 1 juz, 5 juz, 10 juz dan 30 juz masing-masing putra putri. Cabang Tafsir bahasa Arab putra putri dan cabang Hadist terdiri dari dua golongan 100 hadist pakai sanad dan 500 hadist tanpa sanad putra putri.

Baca juga: Kafilah Sumbar targetkan lima besar di STQ Nasional 2021 Maluku Utara

Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar