Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Nurhadi mengatakan pencegahan penularan COVID-19 selama masa pandemi harus dimulai dari diri sendiri.

“Pencegahan penularan COVID-19 dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan terdekat,” kata Nurhadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Anggota Komisi IX DPR RI itu menyatakan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan kebijakan pemerintah sangat membantu menyukseskan upaya pengendalian COVID-19.

Baca juga: Puan: Edukasi ke orang tua penting agar vaksinasi anak berjalan baik

Nurhadi mendorong pemerintah mempercepat pelaksanaan program vaksinasi agar segera tercapai target 70 persen dari populasi penduduk.

"Untuk mencapai target itu, dukungan masyarakat sangat penting. Kalau mayoritas masyarakat sudah divaksin, maka akan terbentuk kekebalan komunal," jelasnya.

Ia meminta pemerintah mengantisipasi kelengkapan fasilitas medis, terutama kesiapan rumah sakit dalam menghadapi varian Omicron.

Baca juga: Anggota DPR imbau semua pihak dukung program vaksinasi COVID-19
Baca juga: Anggota DPR minta pemerintah gunakan vaksin COVID-19 halal


Dia mengatakan pemahaman masyarakat tentang varian Omicron sangat penting untuk menyiapkan langkah antisipasi sedini mungkin guna pengendalian COVID-19 secara menyeluruh. Menurut dia, pemahaman itu bukan untuk menimbulkan ketakutan.

“Namun dalam rangka membangun ruang pembelajaran agar saling mengingatkan sebagai wujud saling menjaga dan mempertahankan kehidupan,” harap dia..
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021