Jayapura (ANTARA) - Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Yalimo yang digelar di Yalimo, Papua, Rabu berlangsung aman.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal kepada Antara di Jayapura, Rabu menegaskan, dari hasil pemantauan di lapangan situasi kamtibmas selama pelaksanaan PSU berlangsung aman dan nampak masyarakat mendatangi TPS-TPS guna memberikan suaranya.

Masyarakat cukup antusias mendatangi TPS guna memilih pimpinan di daerah itu, kata Kamal seraya mengatakan  sebanyak 1.500 personel Brimob Nusantara dikerahkan mengamankan pelaksanaan PSU.

Anggota Brimob Nusantara yang dikerahkan mengamankan PSU itu disebar hingga ke distrik-distrik dan ada yang khusus berpatroli sehingga mempersempit ruang gerak kelompok yang ingin mengganggu pelaksanaan pemungutan suara ini.

"Mudah-mudahan kondisi kondusif dapat berlangsung hingga penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih, " harap Kombes Kamal.

Komisioner KPU Papua Melkianus Kambu secara terpisah menyatakan bahwa PSU Kabupaten Yalimo dilaksanakan pada Rabu diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati.


Dua kandidat yang ikut PSU Yalimo adalah pasangan calon nomor urut 01 Lakius Peyon-Nahum Mabel dan pasangan calon 02 yaitu Nahor Nekwek-John Wilil, jelas Kambu.

Kabupaten Yalimo memiliki lima distrik dengan 298 kampung, jumlah pemilih 90.948 orang yang memilih di 327 TPS.

Baca juga: Ketua KPU RI pantau PSU Yalimo
Baca juga: Bawaslu Yalimo siapkan 327 pengawas lapangan pastikan PSU jujur


Pewarta: Evarukdijati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022