Jakarta (ANTARA News) - Satu masalah yang membuat pertumbuhan Indonesia terhambat adalah lambat dan ruwetnya sistem birokrasi di Indonesia.

Hal itu dikatakan Ketua Mahkamah Konstitusi RI Mahfud MD ketika menghadiri acara deklarasi "Birokrasi Bersih dan Melayani" di Universitas Indonesia di Depok pada Kamis (8/12).

"Birokrasi memegang peran penting dalam memajukan pertumbuhan bangsa yang bermartabat," katanya.

Ketua Panitia Deklarasi Birokrasi Bersih & Melayani Profesor Azhar Kasim Deklarasi mengakui peran birokrasi di Indonesia masih jauh dari harapan dan  manfaat birokrasi belum sepenuhnya dirasakan masyarakat seperti rumitnya perijinan dan perbedaan peraturan antara pemerintah pusat dan daerah.

Karena itu, birokrasi di Indonesia harus direformasi untuk menciptakan pemerintahan yang efektif dan bersih dan mampu mewujudkan kondisi Indonesia yang bersih dan lebih baik.

Reformasi birokrasi harus menyertakan semua komitmen dari berbagai pihak masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah.

Acara itu dihadiri oleh Mahfud MD (yudikatif), Dewi Aryani (legislatif), Putri Wardana (pengusaha), Joko Widodo (Walikota Solo), Teten Masduki, dan hadir pula tokoh dan senior gerakan perubahan birokrasi dan turut serta sebagai deklarator. (adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011