Sebanyak 387 haji Kloter Empat yang tiba hari ini berasal dari Kabupaten Sumbawa, Kota Bima dan Kabupaten Bima
Lombok Tengah (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok menyatakan jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) Empat Debarkasi Bandara Lombok telah tiba di Tanah Air pada Jumat.

"Sebanyak 387 haji Kloter Empat yang tiba hari ini berasal dari Kabupaten Sumbawa, Kota Bima dan Kabupaten Bima," kata Humas PT Angkasa Pura Bandara Lombok, Arif Haryanto di Praya, Lombok Tengah, Jumat

Ia mengatakan berdasarkan data sementara, total jamaah haji asal NTB yang telah pulang sebanyak 1.554 haji dari total 2.064 haji yang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah pada 2022.

"Dari enam kloter, baru empat kloter yang telah tiba di Lombok sehingga tinggal dua kloter yang belum dipulangkan," katanya.

Baca juga: Kemenag imbau jamaah haji Lombok Tengah isolasi cegah COVID-19

Ia mengatakan setelah turun dari pesawat, jamaah haji melanjutkan perjalanan menuju Asrama Haji Lombok di Mataram menggunakan Bus Damri.

Jamaah haji selanjutnya mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut di Asrama Haji Lombok. Pemeriksaan ini dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Mataram, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram, serta Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Mataram.

“Alhamdulillah jamaah haji kloter pertama dan kedua serta ketiga telah tiba di Bandara Lombok. Debarkasi haji dijadwalkan akan berlangsung hingga Senin, 8 Agustus 2022 dengan total 2.064 haji yang terbagi dalam 6 kloter," katanya.

Baca juga: Angkasa Pura I: 778 jamaah haji asal NTB sudah tiba di kampung halaman

Ia mengatakan untuk jamaah haji kloter lima dipulangkan 6 Agustus dan tiba pukul 23.05 Wita. Sedangkan untuk jamaah haji kloter enam atau campuran dipulangkan 8 Agustus dan tiba di Bandara Lombok pukul 08.40 Wita.

"PT Angkasa Pura I siap mendukung operasional penerbangan kepulangan jamaah haji ini dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Baca juga: Hasil tes PCR, jamaah calon haji Lombok Tengah bebas dari COVID-19

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022