Yang jelas ini isiatif kami sendiri, jangan sampai penumpang terganggu oleh aksi tidak bertanggungjawab
Jambi (ANTARA News) - Sejumlah armada angkutan bus di Kota Jambi memasang kelengkapan teralis pelindung yang ditempatkan di kaca bagian depan bus sebagai pelindung dari aksi kejahatan `bajing loncat`.

"Ini sudah kami pasang sejak dua tahun terakhir. Sebab, jalur lintas di Sumatra cukup rawan akan gangguan aksi bajing loncat, maupun orang yang tidak bertanggungjawab yang biasa melempar kaca bus," ujar Martius, salah satu sopir bus jurusan Jambi-Medan (Sumatra Utara) di Jambi, Senin.

Menurut dia, gangguan dari orang orang tidak bertanggungjawab kerap terjadi di sepanjang lintas timur Sumatra, khususnya Jambi-Medan.

"Bahkan sempat ada bus dilempar tiba tiba, sehingga menyebabkan bus terguling. Untuk itu kami sengaja meminta pemilik bus untuk memasang besi kawat atau teralis pelindung kaca," katanya.

Bujang, salah seorang sopir lainnya mengatakan, pemasangan teralis yang terbuat dari besi kawat dipasang tepat di kaca muka bus. Pemasangan itu diharapkan bisa melindungi kaca yang tepat berada di depan sopir dari lemparan batu.

"Yang jelas ini isiatif kami sendiri, jangan sampai penumpang terganggu oleh aksi tidak bertanggungjawab," ujarnya.

Bujang juga menyebutkan, arus mudik melalui jalur lintas timur Sumatra khususnya Jambi-Medan sudah mulai ramai sejak tiga hari terakhir.

"Kami memperkirakan kemarin dan hari ini puncaknya. Mengingat, masa libur hari raya sudah dimulai. Secara umum, mudik tahun ini lancar, karena sejumlah jalan sudah diperbaiki dan dipasang rambu-rambu peringatan apabila ada kondisi jalan yang rusak," tambahnya.

Pewarta: Bangun Santoso
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013