Saya berpesan agar seluruh fasilitas layanan kesehatan yang masih serba baru itu dipelihara dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan 18 puskesmas dan dua rumah sakit umum daerah (RSUD) tipe D secara simbolis di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu.

Menurut Djarot, peresmian puskesmas dan RSUD itu merupakan upaya memaksimalkan pelayanan kesehatan perorangan yang optimal, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, serta dapat diselesaikan tepat waktu.

"Kepala RSUD dan puskesmas beserta jajarannya harus memiliki komitmen mewujudkan program Jakarta Sehat dan terus mengembangkan program promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif," katanya.

Djarot mengatakan total anggaraan yang dikeluarkan untuk melaksanakan pembangunan 18 puskesmas dan dua RSUD tipe D beserta fasilitas pendukungnya itu mencapai sebesar Rp257,9 miliar.

"Puskesmas dan RSUD itu disiapkan untuk meningkatkan layanan kesehatan rawat jalan dan rawat inap kepada masyarakat yang berada di wilayah kerjanya masing-masing," ujar Djarot.

Sementara itu, dia menuturkan puskesmas dan RSUD itu dilengkapi dengan fasilitas rawat inap yang lebih banyak, sehingga diharapkan kedepannya tidak ada lagi pasien yang tidak mendapatkan pelayanan rawat inap yang maksimal.

"Saya berpesan agar seluruh fasilitas layanan kesehatan yang masih serba baru itu dipelihara dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga," tutur Djarot.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan pihaknya akan semakin meningkatkan fasilitas kesehatan sesuai dengan perkembangan peralatan modern, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal bagi masyarakat tanpa membedakan status dan terap mengutamakan aspek keselamatan pasien.

Sebanyak 18 puskesmas yang diresmikan pada hari ini, antara lain empat puskesmas di Jakarta Pusat, empat puskesmas di Jakarta Utara, empat puskesmas di Jakarta Barat, dua puskesmas di Jakarta Selatan, tiga puskesmas di Jakarta Timur dan satu puskesmas di Kepulauan Seribu.

Sedangkan, dua RSUD Tipe D yang juga diresmikan pada hari ini, yaitu RSUD di Kecamatan Kebayoran Baru (Jakarta Selatan) dan RSUD di Jati Padang (Jakarta Selatan).

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017