Manado, Sulawesi Utara (ANTARA News) - Pengerjaan konstruksi fisik tol Manado-Bitung segmen I sepanjang 14 kilometer mencapai 40,41 persen.

"Terjadi kelebihan progres sebesar 0,26 persen dari target, progres ini akan dipertahankan dalam rangka mengejar target-target yang ada," kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Sulut-Gorontalo Riel Mantik di Manado, Minggu.

Bila kemajuan terus menunjukkan kecenderungan positif, Riel optimistis target pengerjaan fisik selesai akhir 2018 ini.

"Kita terus melakukan percepatan-percepatan sehingga bisa selesai sesuai target. Apalagi pembangunan tol Manado-Bitung menjadi salah satu proyek strategis nasional yang harus diselesaikan," kata Riel.

Dia menungkapkan tidak menemui kendala dalam pengerjaan fisik tol, kecuali hujan intensitas cukup tinggi. "Mudah-mudahan cuaca panas bisa berlangsung di pekan ke depan, sehingga bisa dilakukan pengecoran terhadap konstruksi penyangga jembatan termasuk pemadatan tanah," kata dia.

Manado-Bitung yang melintasi Kabupaten Minahasa Utara itu dikerjakan dalam dua segmen di mana segmen I dikerjakan pemerintah, sedangkan segmen II dikerjakan oleh PT Jasa Marga Manado-Bitung.

Proyek fisik di segmen I relatif lebih sulit karena kontur tanah berbukit, bahkan untuk melintasi daerah aliran sungai Tondano harus dihubungkan dengan jembatan sepanjang ratusan meter.

Baca juga: Tol Manado-Bitung selesai 2018

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018