Paris (ANTARA News) - Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Kamis (22/2) menjanjikan sejumlah langkah untuk membantu mencegah investor asing membeli lahan pertanian di Prancis.

"Bagi saya, lahan pertanian Prancis merupakan investasi strategis tempat kedaulatan kita bergantung, jadi kita tidak bisa membiarkan ratusan hektare lahan dibeli kekuasaan asing tanpa kita mengetahui tujuan pembeliannya," ujar Macron kepada sekelompok petani muda di istana kepresidenan.

Dia merujuk kepada kabar tahun lalu bahwa pemodal China membeli 900 hektare lahan di wilayah Allier di Prancis tengah, menyusul akuisisi 1.700 hektare lahan di area Indre pada 2016, demikia seperti dilansir AFP.

"Kami sudah jelas akan menetapkan pengamanan peraturan dan akan bekerja sama dengan kalian… untuk mengakhiri apa yang terjadi," tambahnya, merujuk pada akuisisi tersebut.

Australia mengumumkan larangan baru untuk pembeli asing di lahan pertanian awal bulan ini, sementara kekhawatiran mengenai ekspansi China di luar negeri sudah disuarakan mulai dari Afrika sampai Kanada sebelumnya. (mu)

Pewarta: -
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018