Brebes (ANTARA News) - Memasuki hari kelima pencarian korban longsor di Desa Pasir Panjang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akan dilaksanakan pada 11 titik lokasi, kata Komandan Sektor 1 Rescue Basarnas, Rindang Krisnafianto Tulu.

"Ada tujuh titik yang telah dibuat Polda Jateng dan empat titik dari Tim Rescue Basarnas, Jakarta, katanya di di lokasi longsor, Brebes, Senin pagi.

Menurut dia, dalam pencarian korban longsor tersebut, tim penanggulangan bencana akan dIbagi menjadi 3 sekfor bengan melibatkan pdrsonel Basarnas, TNI/Polri, dan para relawan.

"Saat ini, Basarnas menerjunkan 40 anggota gabungan dari Senarang, Babdung, dan Basarnas Spesial Grup. selain itu juga dibantu unsur TNI/ Polri," katanya.

Hingga kini, kata dia, jumlah korban hilang akibat longsor berjumlah tujuh orang.

Ia mengatakan adapun untuk pencarian korban hilang akan dibantu dengan menggunakan empat alat berat jenis escavator dan empat anjing pelacak.

"Saat ini tim rescue sedang menyemprot lumpur dengan menggunakan selang air. Jika lumpur sudah terbuang maka akses jalan bisa dilalui," katanya.

Ia mengatakan saat ini akses jalan yang berlumpur sudah dapat disingkarkan 50 persen sehingga dalam waktu yang tidak lama, alat berat sudah bisa digunakan.

"Pembersihan sisa lumpur dari akses jalan kami lakukan secara manual. Adapun pencarian korban kami lakukan hingga 14 hari ke depan dari awal peristiwa bencana," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018