Brebes (ANTARA News) - Menteri Sosial Idrus Marham bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo meninjau lokasi kejadian bencana banjir dan longsor di Desa Pasirpanjang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, Selasa.

Mensos bersama Ketua DPR meninjau Pos Komando Bencana yang menjadi pusat informasi mengenai bencana longsor.

Setelah itu keduanya meninjau langsung lokasi longsor di Desa Pasirpanjang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes yang sedang dalam penanganan tim gabungan dari Basarnas, Tagana, BPBD, TNI-Polri.

Menteri Sosial mengatakan penanganan bencana di Kabupaten Brebes dan di wilayah lainnya harus dilakukan secara menyeluruh dengan bekerja sama lintas instansi.

"Langkah-langkah apapun yang diambil harus terpadu, ada Kementerian Sosial TNI-Polri, BPBD, Basarnas dan lain-lain, dan juga harus menyeluruh jadi tidak bisa ditangani sedikit-sedikit. Dan paling penting berkesinambungan jangan sampai kalau sudah selesai tanggap darurat juga selesai," kata Idrus.

Sementara Ketua DPR RI Bambang Soesatyo akan memastikan bahwa legislatif akan membahas bersama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait permasalahan longsor termasuk pemukiman bagi warga yang terdampak bencana.

Data terbaru menyebutkan jumlah korban longsor meninggal dunia 11 orang dengan satu orang meninggal saat perawatan di rumah sakit. Korban luka-luka yang masih dirawat di rumah sakit 14 orang.

Berdasarkan data laporan orang hilang, jumlah korban belum ditemukan hingga saat ini sebanyak tujuh orang.

Sementara jumlah pengungsi sebanyak 751 orang yang terbagi pada tempat pengungsian di Desa Capar dan Desa Pasirpanjang.

Baca juga: Pencarian tujuh korban longsor Brebes dilanjutkan

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018