Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta, Senin, untuk memenuhi undangan menghadiri acara penyerahan laporan keuangan dan "KPK Mendengar".

"Penuhi undangan pimpinan KPK untuk menghadiri laporan penyerahan keuangan secara terbuka kepada publik yang dititipkan kepada DPR," kata Bambang saat tiba di gedung KPK.

Dia juga akan mengikuti acara "KPK Mendengar". "Nanti mungkin ada sedikit masukan, yang pertama memperbaiki hubungan dengan KPK yang belakangan terjadi sedikit perseturuan," tuturnya.

Ia mengatakan bahwa DPR juga punya tanggung jawab dalam upaya pemberantasan dan membuka diri untuk menerima masukan dari KPK.

"Kami membuka diri untuk masukan-masukan, titik lemah mana saja yang menimbulkan moral hazard yang mendorong anggota DPR melakukan di luar kepatutan," katanya.

"Berikutnya, kami sama-sama menjaga suasana yang kondusif agar tidak dimanfaatkan oleh pihak yang mengadu domba kedua pihak," ia menambahkan.

Baca juga: Ketua DPR jamin rekomendasi pansus tidak lemahkan KPK

Ia pun menyatakan bahwa DPR ingin memperkuat KPK dalam hal pengawasan maupun anggaran.

"Masukan dari Pansus Hak Angket juga diterima baik oleh pimpinan KPK, beberapa sudah dilaksanakan, misalnya melelang lebih awal atau lebih cepat barang sitaan agar pengembalian kerugian negara lebih efektif, maksimal," kata Bambang.

Selain Ketua DPR, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purnawirawan) Moeldoko juga mendatangi gedung KPK Jakarta.

"Peluncuran laporan tahunan KPK, kami diundang untuk mendengar laporan dan di sini ada 'KPK Mendengar'," kata Moeldoko.
 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018