Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno meminta Relawaan Kesehatan Indonesia agar dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah kesehatan di ibu kota.

"Saya minta seluruh anggota Relawan Kesehatan Indonesia supaya membantu menyelesaikan masalah-masalah kesehatan yang ada di Jakarta," kata Sandiaga di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut dia, Relawan Kesehatan Indonesia dapat membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menyelesaikan masalah kesehatan di ibu kota dengan menerapkan konsep Kota 4.0.

"Melalui konsep tersebut, partisipasi masyarakat akan lebih ditingkatkan untuk berkontribusi dalam menyelesaikan masalah-masalah kesehatan dengan pola partisipatif kolaboratif," ujar Sandiaga.

Dengan penerapan konsep tersebut, dia menuturkan, nantinya Pemprov DKI Jakarta akan bertindak sebagai kolaborator dan masyarakat, termasuk para Relawan Kesehatan Indonesia, akan menjadi co-creator.

"Kesehatan adalah milik bersama. Saya ingin para relawan kesehatan dapat menjadi salah satu pemain utama dan lokomotif dari sebuah gerakan. Kami siap menerima berbagai masukan untuk perbaikan," tutur Sandiaga.

Ia mengungkapkan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk penanganan masalah kesehatan nantinya harus dilaksanakan dengan berbasis promotif dan preventif.

"Saya berharap nantinya para relawan juga bisa bersinergi dengan program-program Pemprov DKI di bidang kesehatan. Saya juga ingin supaya semuanya turun langsung ke masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan," ungkap Sandiaga.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018