Tol Jakarta-Cikampek lancar pada H+7 Lebaran

id tol jakarta cikampek,arus balik tol,lalu lintas tol

Arsip Foto. Ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 38, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. (ANTARA /Hafidz Mubarak A)

Jakarta (ANTARA News) - Lalu lintas kendaraan dari dan menuju Jakarta di sepanjang ruas Tol Jakarta-Cikampek tujuh pada H+7 Lebaran Sabtu pagi hingga siang lancar.

Kendaraan yang melintas dari Dawuan KM 66, yang merupakan titik pertemuan arus dari Tol Cipali dan Tol Cipularang, tidak banyak sehingga pengguna jalan bisa melintas tanpa hambatan kemacetan.

KM 62 arah Jakarta yang biasanya juga menjadi titik kemacetan akibat antrean pengendara yang ingin masuk ke tempat peristirahatan juga lancar arus lalu lintasnya. Lalu lintas kendaraan hanya sempat padat di Karawang Barat KM 48 hingga KM 46 arah Jakarta karena ada penyempitan lajur.

Berdasarkan data Jasa Marga di Gerbang Tol Cikarang Utama, hingga H+6 Lebaran sekitar 91 persen dari 720 ribu kendaraan yang mudik melalui gerbang tol tersebut atau sekitar 650 ribu kendaraan sudah kembali ke Jakarta.

Pada puncak arus balik Lebaran pada Selasa (19/6) dan Rabu (20/6), jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta masing-masing mencapai sekitar 130 ribu dan 120 ribu kendaraan.

Petugas Jasa Marga dan kepolisian dalam dua hari terakhir hanya memberlakukan sistem lawan arus di KM 53 hingga KM 41 dan KM 35 untuk mengurai kepadatan, tidak seperti pada Selasa malam dan Rabu malam hingga dini hari yang sampai harus memberlakukan lalu lintas satu arah (one way).

Jumlah kendaraan yang melewati ruas tol dari Cawang menuju Cikampek juga tidak banyak sehingga lalu lintas secara keseluruhan lancar, hanya sempat sedikit tersendat di Cikarang Barat Km 33 hingga Karawang Timur Km 38 karena ada penyempitan lajur.

Baca juga: Jasa Marga berlakukan contra flow km 47 Cikampek
 

Pewarta : Citro Atmoko
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar