Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) berkaitan dengan penyelenggaraan Jakarnaval 2018 pada Minggu (8/7) mulai pukul 15.00 hingga 18.00 WIB.

"Secara keseluruhan, kegiatan Jakarnaval dimulai dari depan Gedung Balai Kota. Kegiatan itu terdiri dari parade orang dan parade kendaraan hias," kata Kepala Dishub DKI Andri Yansyah dalam siaran pers yang diterima Antara, Sabtu.

Menurut dia, rute iringan kegiatan Jakarnaval 2018 dimulai dari depan Gedung Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan-belok kanan ke Jalan Medan Merdeka Barat-putar balik masuk silang Merdeka Barat Laut.

"Untuk mendukung kelancaran kegiatan tersebut, maka kami akan melakukan rekayasa lalin dalam beberapa tahapan," ujar Andri.

Dia menuturkan pada Sabtu (7/7) pukul 22.00 WIB hingga Minggu (8/7) pukul 23.00 WIB, Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup karena akan dilakukan loading dan pemasangan tenda-tenda. Lalin dari arah timur ke barat atau utara dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Medan Merdeka Barat dan seterusnya.

Lebih lanjut, pada Minggu (8/7) mulai pukul 06.00 hingga 11.00 WIB, atau ketika pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day, lalin dari selatan ke arah barat yang semula belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Selatan, putar balik ke arah Jalan Budi Kemuliaan, kemudian dialihkan belok kanan di Bundaran Air Mancur Indosat.

Sementara itu, dia mengungkapkan pada saat berlangsungnya kegiatan Jakarnaval 2018 pada Minggu (8/7) pukul 15.00 hingga 18.00 WIB, pihaknya akan menutup sejumlah ruas jalan.

Dengan demikian, rekayasa lalin yang akan diberlakukan, yaitu lalin dari arah selatan (Blok M) yang menuju utara (Harmoni) dan timur (Senen) dialihkan belok kiri ke Jalan Kebon Sirih-Jalan Fachrudin-Jalan Abdul Muis atau Jalan Kebon Sirih dan seterusnya.

Untuk lalin dari arah utara (Kota) menuju Selatan (Blok M) dialihkan belok kiri ke Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Lapangan Banteng-Jalan Pejambon-Jalan Medan Merdeka Timur dan seterusnya.

Kemudian, kendaraan dari arah timur (Senen) yang menuju barat dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Jalan Katedral-Jalan Veteran lanjut terus ke Jalan Menteng Raya dan setrusnya.

Lalu, untuk kendaraan dari barat yang akan menuju timur (Senen) dialihkan melalui Jalan Suryo Pranoto-Jalan Juanda atau melalui Jalan Kebon Sirih dan seterusnya.

Berkaitan dengan rangkaian kegiatan Jakarnaval 2018, dia menambahkan, Dishub DKI Jakarta bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan penutupan jalan yang bersifat situasional, sesuai kondisi lalin di lapangan.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan dan angkutan umum agar dapat menyesuaikan pengaturan lalin yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalin, petunjuk petugas di lapangan dan mengutamakan keselamatan di jalan," tambah Andri.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018