Bandung (ANTARA News) - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyatakan pihaknya terus mengupayakan agar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bisa melayani pemberangkatan calon jamaah haji tahun ini.

"Sedang kita usahakan (bisa memberangkatkan calon jamaah haji)," ujar Menhub di Pusdai Kota Bandung, Rabu.

Sebelumnya, BIJB Kertajati digadang-gadang bisa memberangkatkan calon jamaah haji pada tahun ini. Namun Kementerian Agama masih mengkaji karena Bandara Kertajati belum memiliki atau berdekatan dengan asrama haji yang merupakan syarat untuk melayani keberangkatan calon jamaah haji.

Budi belum bisa memastikan apakah BIJB Kertajati bisa melakukan penerbangan haji tahun ini atau tidak. Justru ia meminta hal tersebut ditanyakan kepada Kementerian Agama.

"Tanya ke Menteri Agama," kata dia.

Sementara itu Penjabat Sementara Gubernur Jawa Barat, M. Iriawan, pembahasan mengenai boleh atau tidaknya BIJB Kertajati pemberangkatkan haji dalam tahap finalisasi.

"Ini sedang dalam finalisasi. Saya ingin dalam hal ini, saya akan berdiskusi dengan Menteri Agama sekali lagi," kata dia.

Meski begitu, Ia meyakini BIJB telah siap digunakan.?"Itu sudah sampaikan, saya harap ada beberapa kloter yang bisa terbang ke sana. Umrah Oktober Insya Allah ada operator penerbangan, Lion Air sudah senang sekali," katanya.

Baca juga: Hingga hari kedua, Embarkasi Jakarta telah berangkatkan 1.552 calon haji
Baca juga: Pertamina tingkatkan penyaluran avtur 12 embarkasi haji
Baca juga: Menag Lukman pesan calhaj supaya mendoakan bangsa dan negara
Baca juga: Kloter pertama Jakarta berangkatkan 393 calon haji


(KR-ASP/B008)

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018