Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph Donovan Jr, mengatakan, pemerintah dan rakyat Amerika Serikat berharap Pemilu 2019 dapat berlangsung secara bebas dan damai.

"Kami secara tulus mengharapan pemiihan umum tahun depan akan berlangsung damai, bebas dan adil. Terkait dengan siapa yang seharusnya memimpin Indonesia, itu kembali pada Anda, pada pilihan rakyat Indonesia untuk memutuskan," kata Donovan dalam pembekalan informasi bagi jurnalis di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Jumat.

Donovan Jr juga mengklarifikasi tidak ada pembicaraan mengenai Pemilu dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, dengan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, maupun dengan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya di Jakarta, 4-5 Agustus lalu.

"Masalah itu tidak disinggung dalam pertemuan dengan Presdien Jokowi, dia hanya ditanyai dalam wawancara dengan salah satu TV," kata dia.

Menurut Donovan Jr, Amerika Serikat akan senantiasa menghormati paham, praktik dan capaian demokrasi di Indonesia yang menghormati nilai-nilai keberagaman, pluralisme serta toleransi.

Ia juga menegaskan kedua negara telah terbukti memiliki komitmen yang kuat untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan yang demokratis.

"Sebagaimana saat ini, kami akan menghormati pilihan rakyat Indonesia dan kami akan bekerja sama dengan para wakil yang Anda pilih," tuturnya.

Indonesia akan menyelenggarakan Pemilu 2019 pada 17 April 2019.

Pewarta: Azizah Fitriyanti
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018