Alhamdulillah, ribuan ton logistik yang diberikan masyarakat Indonesia ini telah sampai di Lombok, setelah berlayar dari Jakarta pada 17 Agustus lalu, di Hari Kemerdekaan ke-73 Indonesia,
Jakarta, (ANTARA News) - KRI Banjarmasin yang membawa ribuan ton bantuan logistik dari kepedulian besar masyarakat Indonesia, akhirnya berlabuh di Pelabuhan Carik, Lombok Utara, NTB, setelah berlayar selama tiga hari.

Kedatangan Kapal Kemanusiaan Lombok disambut langsung oleh Aksi Cepat Tanggap dan TNI AL pada Senin (20/8) pagi. Proses bongkar muat bantuan logistik ini turut disaksikan oleh Senior Vice President ACT Syuhelmaidi Syukur beserta sejumlah perwakilan dari pihak TNI AL.

Ribuan ton bantuan yang telah tiba berupa sembako, selimut, pakaian layak pakai, obat-obatan, tenda lapangan, dan lainnya.

"Alhamdulillah, ribuan ton logistik yang diberikan masyarakat Indonesia ini telah sampai di Lombok, setelah berlayar dari Jakarta pada 17 Agustus lalu, di Hari Kemerdekaan ke-73 Indonesia," kata Senior Vice President ACT Syuhelmaidi.

Syuhelmaidi memaparkan, ribuan ton bantuan logistik yang baru tiba di Lombok ini akan diangkut oleh puluhan truk menuju Posko Logistik ACT.

Sebagian besar bantuan akan ditempatkan di Posko Logistik ACT untuk selanjutnya didistribusikan ke sejumlah lokasi pengungsian. Sebagian lagi langsung didistribusikan ke titik-titik pengungsian. Pelepasan bantuan dari KKL ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis satu truk bantuan menuju Kecamatan Kayangan, Lombok Utara.

Ribuan ton logistik ini diharapkan dapat meringankan beban pengungsi selama fase tanggap darurat dan pemulihan berlangsung. Dengan tagline "Bersatu Bantu Lombok" ini, diharapkan dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia semakin kuat.

Sebelumnya, KKL lepas sauh dari Pelabuhan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta, pada Jumat (17/8). Kapal dilepas langsung oleh Presiden ACT Ahyudin beserta jajarannya dan Aspotmar Kasal, Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, SE MM dan sejumlah institusi lainnya.*

 


Baca juga: Korban kebakaran Pulau Bungin diungsikan pascagempa

Baca juga: Pelabuhan Kayangan Lombok Timur lumpuh pascagempa


 

Pewarta: Riza Fahriza
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018