Kita menyasar mahasiswa, karena itu harganya disesuaikan, tetapi dengan fasilitas berstandar hotel bintang tiga.
Jakarta (ANTARA News) - Pasar properti di tahun 2018 ini masih "istirahat" karena lesunya pembeli, terutama di unit Rp500 juta ke atas.

Presiden Komisaris Nayumi Group Rusdi Basalamah ketika dihubungi  dari Jakarta, Minggu, mengatakan aktivitas bisnis properti "istirahat", jika tidak ingin dikatakan mati suri karena lesunya pembelian dalam dua-tiga tahun terakhir, terutama di unit berharga Rp500 juta ke atas.

Kondisi itu dialaminya di Banten dan Jawa Barat. "Bagusnya kita sudah menyelesaikan kewajiban-kewajiban utama, seperti fasilitas vital yang membutuhkan biaya, sehingga pada unit-unit yang belum terjual hanya dilakukan pemeliharaan saja," ujarnya.

Meski demikian, pada unit di bawah Rp500 juta masih menggeliat, terutama pada apartemen segmen tertentu, seperti apartemen yang menyasar mahasiswa dan daerah wisata.

"Saat ini ada kecenderungan mahasiswa tinggal/sewa apartemen karena lebih praktis, nyaman dan aman," ujar pemilik Nayumi Group yang membawahi 18 perusahaan.

Karena itu, Sabtu lalu (29/9) Nayumi melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) Nayumi Samtower (NST) di Jalan Soekarno Hatta No.18, Kota Malang, yang menyasar mahasiswa.

Proyek senilai Rp370 miliar itu berkonsep hotel, apartemen dan kawasan bisnis dalam satu kawasan di tanah 4.900 meter persegi dengan kolam renang di masing-masing tower, yakni Platinum dan Emerald dengan harga terjangkau, mulai dari Rp350 juta per unit.

"Kita menyasar mahasiswa, karena itu harganya disesuaikan, tetapi dengan fasilitas berstandar hotel bintang tiga," ujar Rusdi.

Karena itu pula, lima bulan sejak diperkenalkan sudah terjual 35 persen, dan diharapkan jadi 55 persen di akhir tahun setelah "ground breaking".

 
Contoh unit tipe famili dengan dua kamar yang dipamerkan usai "ground breaking" apartemen Nayumi Samtower di Kota Malang, Sabtu (29/9/2018). (Foto: ANTARA News, Erafzon SAS)



Sebagian besar pembeli --mayoritas warga Malang, baik perantau maupun warga kota berhawa sejuk itu-- menjadikannya sebagai lahan investasi karena Kecamatan Lowokwaru saja memiliki 26 dari 62 universitas di Kota Malang, di antaranya Unibraw, UMM, Unisma dan Poltema. 

Kelebihan apartemen, kata presenter dan penyiar radio Muhammad Farhan yang hadir di peletakan batu pertama, tidak sekadar disewakan bulanan atau tahunan, tetapi juga harian bagi keluarga, wisatawan atau pebisnis yang ingin merasakan suasana rumah.

"Kondisi itu yang kini terjadi di Bandung, dimana apartemen disewakan harian seperti kamar hotel," ucap Farhan.

Kondisi itu sudah jamak di kota-kota besar seperti Jakarta, Kualalumpur dan Singapura dengan harga lebih murah tetapi dengan fasilitas keluarga. 

Pemasarannya juga mudah karena sudah banyak jasa daring (online) yang berbiaya murah dan berjangkauan luas.

Kondisi ini, kata Rusdi, menjadikan bisnis properti pada segmen tertentu masih menggeliat dan bergairah. Dia berharap bisa kembali ke kondisi semula agar roda ekonomi berjalan normal dan tenaga kerja terserap maksimal.

Baca juga: Mahasiswa dinilai lebih senang tinggal di apartemen

Baca juga: Potensi budget hotel masih besar, khususnya bagi wisatawan milenial


 

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2018