Palembang (ANTARA News) - Sejumlah mantan pemain tim nasional akan menjalani program "All Star Tour Sumatera Selatan" pada rangkaian kegiatan Alex Noerdin Cup 2019 dengan berkeliling ke-17 kabupaten/kota mulai 4 Januari 2019.

Mantan pemain Timnas ini diantaranya, Ferry Rotinsulu (kiper), Ponaryo Astaman, Kurniawan, Charis Yulianto, Isnan Ali, Bambang Pamungkas, Christian Gonzales, dan Diego Michiels akan memberikan pelatihan singkat bertajuk "Golden Eleven Coaching Clinic with Ronaldinho".

Ketua Badan Sepak Bola Rakyat Indonesia (Basri) Eddy Sofyan di Palembang, Minggu, mengatakan, setidaknya ada 30 mantan pemain timnas yang akan ambil bagian pada kegiatan ini, memberikan coaching clinic dan sekaligus menyeleksi anak-anak U-8 hingga U-14 untuk mengetahui pelatihan singkat langsung bersama Ronaldinho.

"Kick off akan dimulai dari Muaraenim mulai tanggal 4 Januari 2019. Nanti para mantan pemain Timnas ini dibagi ke tiap-tiap kabupaten/kota," kata dia.

Ia menjelaskan dari 17 kabupaten di Sumsel akan diambil masing-masing tiga anak. Nantinya, sebanyak 51 anak yang lolos seleksi ini akan mengikuti coaching clinic dengan pesepak bola dunia Ronaldinho di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang pada April 2019. Mereka ini akan mendapatkan kesempatan bertatap muka langsung dengan mantan pemain Timnas Brazil dan Klub Barcelona ini, mengikuti coaching clinic, berfoto dan mendapatkan sertifikat. 

Untuk itu, panitia pelaksana membuka pendaftaran coaching clinic mulai Senin (3/12) di masing-masing kabupaten/kota melalui Askab PSSI.

"Kami perkirakan ada 5.000-an anak dari seluruh kebutuhan/kota yang akan ikut seleksi dan mengikuti coaching clinic dengan mantan pemain Timnas, dan perlu dicatat bahwa ini gratis," kata dia.

Eddy mengatakan, kehadiran Ronaldinho ini tak lain untuk menggairahkan sepak bola di Sumsel, bahkan di Tanah Air, seperti yang diharapkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin periode 2008-2018.?Ronaldinho diharapkan menjadi sosok inspirasi para pesepak bola muda di Sumsel untuk menjadi pesepak bola profesional yang andal.

Sementara itu, turnamen sepak bola Alex Noerdin Cup akan bergulir di 17 kabupaten/kota se-Sumatera Selatan mulai Januari 2019. Nantinya, dari setiap kabupaten akan diambil dua pemain terbaik untuk pembentukan Tim Sepak Bola Sumsel.

Tim yang berisi pemain terbaik Sumsel ini akan berhadapan dengan Tim All Star Legend yang diperkuat Ronaldinho di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, pada April 2018.

"Ini menjadi kebanggaan sendiri bagi Sumsel yang bisa mendatangkan pemain kelas dunia. Tentunya ini menjadi penggerak kembali bagi Sumsel setelah sebelumnya menggelar Asian Games," kata mantan pemain Timnas ini. 

Asosiasi Kabupaten PSSI Lubuklinggau Nur Fajri mengatakan momen ini sungguh luar biasa karena tidak mudah untuk mendatangkan pemain Timnas ke daerah, apalagi Turnamen Alex Noerdin Cup juga mendatangkan Ronaldinho.

"Yang kami lebih senang lagi, karena adanya turnamen ini dilakukan perbaikan Stadion Petanang (Basri telah menandatangani MoU dengan Kemenpora untuk perbaikan 1.000 Stadion Sepak Bola di seluruh Indonesia)," kata Nur.

Ronaldinho dijadwalkan melakukan sejumlah kegiatan di Indonesia sejak 30 Maret - 1 April 2019. Grand Launching kegiatan ini akan digelar di Palembang Square Mall pada Sabtu (8/12), yang sekaligus dilakukan penandatanganan kontrak dengan agen Ronaldinho.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018