Jakarta (ANTARA News) - Pondok Pesantren Al Falak di Pagentongan, Bogor, Jawa Barat, menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dibarengi dengan sosialisasi Empat Pilar MPR pada Sabtu malam (1/12).

"Kali ini lewat Maulid," kata Kabiro Humas Setjen MPR Siti Fauziah dalam siaran pers yang diterima Antara Jakarta Minggu.

Sosialisasi yang yang mengusung tema 'Membangkitkan Nilai Nilai Kebangsaan Demi Keutuhan NKRI' tersebut digelar bersamaan dengan Maulid sambil menyampaikan pesan kebangsaan Empat Pilar MPR yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Kabiro Humas Setjen MPR Siti Fauziah dalam sambutannya memaparkan MPR memiliki berbagai metode untuk sosialisasi Empat Pilar, seperti cerdas cermat, outbond, TOT, seminar, perkemahan hingga pentas kesenian tradisional.

"Kita pernah sosialisasi dengan Ustad Abdul Somad, kali ini dengan Ustad Ahmad Muwafiq dari Yogyakarta", tambahnya.

Sosialisasi melibatkan tokoh agama menurut Siti Fauziah sudah sering dilakukan oleh MPR.

"Saat di Riau pun kita juga melakukan hal yang sama", tuturnya. 

Menurutnya metode ini efektif, sebab dalam ceramah yang disampaikan tokoh agama, ulama, kiai, ada pesan tuntunan dan panutan kehidupan agar selamat dunia dan akhirat.

"Sebagai sosok penting apa yang disampaikan tokoh agama pasti didengar dan dilakukan oleh masyarakat", tuturmya.

Kegiatan Maulid itu ditujukan sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa cinta umat Islam kepada Nabi. Dengan menauladani Nabi diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan pada Allah. Peringatan ini juga berfungsi sebagai majelis untuk ukhuwah dan silaturahim antara santri dan masyarakat.

Acara ini juga dihadiri anggota MPR dari Fraksi PKB Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, Bupati Bogor Ade Yasin, Ketua PCNU Kabupaten Bogor Ifan Haryanto, dan Danrem 061/Suryakancana Kol. Inf. Mohammad Hasan

Pondok Pesantren Al Falak didirikan pada 1901 oleh KH. Tubagus Falak di Pagentongan, Bogor. (KR-FDA)

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018