Jakarta, (ANTARA News ) - Sebanyak 3.000 personel gabungan Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemerintah Provinsi DKI siap mengamankan pertandingan Liga I 2018 antara Persija kontra Mitra Kukar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu. 

  "Minggu ada kegiatan sepakbola antara Persija dengan Mitra Kukar di Stadiun Utama GBK, kita kerahkan 3.000 personel," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta,  Jumat.

Argo mengatakan personel gabungan itu akan mengamankan jalannya pertandingan yang menentukan nasib Persija untuk meraih gelar juara Liga I 2018.

Argo menuturkan aparat juga akan mengamankan jalur rombongan kedua tim dari hotel yang menjadi tempat menginap hingga SUGBK dan sebaliknya.

"Anggota juga ditempatkan di sekitar stadion termasuk lingkaran dan pintu masuk stadion," ujar Argo.

Aparat keamanan menurut Argo menetapkan empat ring pengamanan dengan melibatkan sejumlah  personel, kemudian menyiapkan rekayasa arus lalu lintas kendaraan.

"Kalau kita harus alihkan ya dialihkan, kalau tidak ya kita contra flow, atau buka tutup. teknis dan taktis di lapangan nanti Dirlantas yang akan melaksanakan di lapangan," katanya

Argo mengimbau pendukung Persija atau Jakmania dapat menjadi contoh penonton yang memiliki etika tinggi.

Artinya dikatakan Argo, Jakmania bisa dicontoh oleh seluruh pencinta sepakbola di daerah lain, memberikan tauladan saat memberikan dukungan dan motivasi bagi tim kesayangannya, serta tidak melakukan kegiatan yang dilarang.

"Misalnya membawa sanjata tajam, merusak fasilitas umum, jangan euforia berlebihan dan kalau kalah juga jangan melakukan kegiatan yang tidak diperbolehkan oleh aturan. Kita semuanya harus lakukan kegiatan ini dengan sportivitas tinggi," tegas Argo.

Argo memastikan aparat akan melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan suporter sepakbola saat memasuki kawasan stadion guna menghindari barang berbahaya seperti kembang api.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2018