... yakin bahwa tahun-tahun akan datang, kita lebih baik selama kemauan kewirausahaan untuk investasi; dan saya yakin pasti kita lebih baik dibanding negara lain...
Jakarta (ANTARA News) - Pada tahun politik seperti saat ini hingga Pemilu April 2019 mendatang, Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengakui memang banyak kalangan lebih banyak membicarakan tentang politik; sehingga diskusi tentang perekonomian menjadi kurang diperhatikan.

Namun, hal itu tidak membuat kondisi perekonomian di Tanah Air terpuruk karena pemerintah terus berupaya meningkatkan investasi di dalam negeri sehingga roda ekonomi negara terus berjalan baik.

"Kita berada di tahun politik, (yang) saya yakin akan aman. Pemilu itu banyak orang yang ribut di media sosial, di darat tidak ada yang ribut. Tapi yakin bahwa tahun-tahun akan datang, kita lebih baik selama kemauan kewirausahaan untuk investasi; dan saya yakin pasti kita lebih baik dibanding negara lain," kata dia, di Jakarta, Senin.

Untuk meningkatkan perekonomian di dalam negeri, Kalla mengatakan, pemerintah perlu memperbaiki kultur dalam tiga bidang, yakni: kemampuan teknologi, semangat kewirausahaan, serta birokrasi bersih dengan pelayanan cepat.

"Kalau kita punya tiga hal itu, maka pasti ekonomi kita akan jauh lebih baik daripada sebelumnya," ujarnya, di diskusi CEO Forum: Embracing Industry 4.0 di Hotel Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta itu.

Pada sisi lain, kata dia, pemerintah terus mengupayakan perbaikan ekonomi di Tanah Air dengan meningkatkan iklim investasi dan kewirausahaan, sehingga pada Pemilu April mendatang calon presiden petahana Joko Widodo dapat terpilih lagi.
 
"Semoga (ekonomi) ini akan lebih baik lagi, dan tahun depan pasti lebih baik karena pasti pemerintah sekarang, (dan) saya ini, pasti berusaha ingin lebih baik lagi agar terpilih lagi Presiden Jokowi di tahun yang akan datang. Begitu khan tentu harapannya," kata Kalla.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018