Jakarta (ANTARA News) - Memasuki hari pertama di tahun 2019 masyarakat menghabiskan waktu libur mereka dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang berada di kota Jakarta.

Jumlah pengunjung di Ragunan, Taman Mini Indonesia maupun Taman Impian Jaya Ancol, serta Monumen Nasional pun meningkat.

Kebun Binatang Ragunan yang terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dijejali oleh masyarakat yang berduyun-duyun datang ke taman margasatwa itu bersama keluarga.

Antrean kendaraan bermotor juga memadati jalan akses tersebut, baik sepeda motor atau mobil. Pejalan kaki juga menggunakan jalur akses yang sama. Arus kendaraan terpantau padat merayap sepanjang dua kilometer jelang pintu masuk pintu barat Ragunan.

Tidak hanya antrean kendaraan bermotor yang terpantau padat, antrean juga terjadi di fasilitas toilet perempuan Kebun Binatang Ragunan di hari Tahun Baru 2019 yang mengular panjang sampai 50-an orang. Antrean panjang di toilet merupakan hal yang wajar seiring padatnya pengunjung KB Ragunan di musim liburan Tahun Baru 2019.

Dari ribuan pengunjung yang datang, pengelola Ragunan menyediakan sekitar 10 toilet yang bisa digunakan secara gratis. Sedangkan tiket masuk atau penggunaan sejumlah fasilitas lain pengunjung diharuskan membayar.

Pembayaran di KB Ragunan hanya melayani dengan kartu uang elektronik JakCard dari Bank DKI. Kartu uang elektronik dari bank lain tidak bisa digunakan di KB Ragunan. Pengelola menyediakan dua jenis kartu perdana JakCard yang bisa dibeli pengunjung yaitu seharga Rp35 ribu dengan saldo Rp20 ribu dan Rp65 ribu dengan saldo Rp50 ribu. Apabila pengunjung sudah memiliki JakCard maka tinggal menggunakannya atau mengisi saldo jika kurang.

Staf layanan informasi Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan hari libur satwa semestinya dilakukan pada Senin (31/12), namun karena mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung selama libur pergantian tahun termasuk 1 Januari 2019, membuat pengelola melakukan kebijakan khusus.

Pemberian libur satwa merupakan standar prosedur untuk menjaga agar satwa kebun binatang tidak stres. Dengan kata lain, pengelola KB Ragunan melakukan libur agar hewan memiliki waktu privasi setelah hampir setiap hari berada di kerumunan pengunjung.

Aneka satwa KB Ragunan berjumlah dua ribu lebih satwa serta lima ribuan pohon aneka jenis. Saat liburan Tahun Baru 2019, kepadatan pengunjung tergolong tinggi sehingga libur untuk satwa diundur.

Sementara itu, di Utara Jakarta, Taman Impian Jaya Ancol masih menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat untuk berekreasi saat hari libur tahun baru, Selasa.

Masyarakat mulai memadati kawasan rekreasi Ancol salah satunya Dunia Fantasi (Dufan), Jakarta, sejak Selasa pagi untuk menikmati berbagai wahana.

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan, pengunjung mulai datang sejak pukul 08.00 WIB. Salah seorang pengunjung, Muslim (45), mengatakan dirinya bersama keluarga sengaja datang lebih pagi agar cepat mendapatkan tiket masuk Dufan karena hari ini adalah hari libur Tahun Baru 2019, sehingga khawatir kehabisan tiket.

 "Kami sekeluarga berangkat dari Kreo, Ciledug, sekitar pukul 6.30 WIB, tadi tiba di Ancol sekitar pukul 7.30 WIB," katanya.

Dia mengatakan dirinya memilih Ancol sebagai rekreasi keluarga karena rekomendasi teman dan anak-anaknya ingin bermain wahana di Dufan seperti Kora-Kora dan Bianglala.

Taman Impian Jaya Ancol juga menyediakan 119 bus gratis bernama Wara Wiri untuk para pengunjung yang berkunjung ke tempat wisata tersebut sejak Senin (31/12) hingga Selasa (1/1).

"Ada 119 bus Wara Wiri yang akan antarjemput pengunjung secara gratis mulai Senin (31/12) hingga Selasa (1/1).  Bus Wara Wiri itu bertujuan untuk menghindari penumpukan mobil dan mengantisipasi kemacetan di jalur yang menjadi destinasi favorit pengunjung," kata Corporate Communication Manager PT. Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari.

Selain itu PT Taman Impian Jaya Ancol menyiagakan 55 personil "life guard" selama 24 jam saat perayaan Tahun Baru pada Senin-Selasa (31 Desember-1 Januari) untuk mengantisipasi gelombang tinggi air laut.

"Kami sudah memiliki pengamanan di pantai, ada tujuh titik pengamanan dan ada tambahan personil 'life guard' sehingga menjadi 55 orang," kata Corporate Communication Manager PT. Taman Impian Jaya Ancol Rika Lestari di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta, Selasa.

Selain tujuh titik "life guard", menurut Rika, Ancol juga memiliki sirine tanda bencana di pantai dan terbukti ketika malam perayaan tahun baru, pengunjung cukup nyaman menikmati hiburan yang disajikan pihaknya.
 
Sedangkan di Jakarta Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi tempat favorit untuk berekreasi bersama keluarga. 

Hal itu terlihat dari arus lalu lintas kendaraan menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang terpantau padat hingga mencapai sekitar empat kilometer. Kemacetan mulai dari Jalan TB Simatupang hingga masuk ke Jalan Mabes Hankam mengarah ke Jalan Garuda menuju Pintu 1 TMII, Jakarta Timur.

Mayoritas warga memilih menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat pribadi untuk menuju lokasi. Namun, tidak sedikit juga warga yang berjalan kaki menuju ke lokasi.

    Kasatlantas Polres Metro Jakarta Timur AKBP Timin kepada Antara di Jakarta, Selasa menyampaikan saat kondisi lalu lintas padat seperti pada hari libur tahun baru ini, maka pihaknya menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan.

  "Artinya, rekayasa memaksimalkan jalan yang belum maksimal agar jalan menuju TMII mengalir seraya menunggu antrean masuk ke dalam TMII," paparnya.

Sementara itu Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berkomitmen menyajikan beragam pertunjukan budaya nasional kepada pengunjung di hari libur awal tahun baru 2019 sebagai salah satu pendidikan anak.

Upaya tersebut dilakukan, lanjut Kepala Humas TMII Jerry Lahama, untuk menambah wawasan tentang budaya Indonesia.  Salah satu kesenian yang disajikan hari ini (1/1), lanjut dia, yakni kesenian dari Jawa, yakni Kuda Lumping.

TMII menargetkan jumlah pengunjung Taman Mini mencapai 450 ribu orang selama pekan Natal dan Tahun Baru, dan target itu sudah terlampaui.

"Hari ini (1/1) saja jumlah pengunjungnya sudah mencapai lebih dari 100 ribu orang. Diakumulasi dengan hari sebelumnya lebih 500 pengunjung," paparnya.

 Sedangkan di Jakarta Pusat, Monumen Nasional Jakarta masih menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat untuk berekreasi saat hari libur tahun baru, Selasa.

Pengunjung yang sebagian besar datang bersama keluarga, teman atau kekasih memilih duduk di kawasan Monas sambil menikmati pemandangan sekitarnya.

Selain itu, beberapa pengunjung lainnya memilih berkeliling kawasan Monas dengan kereta yang disediakan pihak pengelola Monas.

Salah satu pengunjung, Keben (40) yang datang dari Ciputat Tangerang Selatan mengaku merayakan pergantian malam tahun baru di Monas dan memilih kembali lagi ke Monas pada hari libur karena kemudahan akses.

 "Ya lihat-lihat keramaian saja, daripada di rumah pas hari libur," ujar lelaki asal Pandeglang itu.

Tingginya jumlah pengunjung yang mendatangi Monas menyebabkan lalu lintas menuju kawasan IRTI (Ikatan Restoran dan Taman Indonesia) Monas, pada Selasa sore terpantau padat mulai dari pintu Monas Jalan Silang Merdeka Barat Daya atau lampu merah Bundaran Patung Kuda Arjuna Wiwaha hingga kawasan Stasiun Gambir.

    
Pusat Perbelanjaan
   
Sejumlah pusat perbelanjaan atau mal di Kota Jakarta dipadati pengunjung pada libur di awal Tahun Baru 2019. Berdasarkan pantauan Antara, pengunjung pusat belanja di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan menyerbu diskon berbelanja pakaian pada awal tahun baru 2019.

Di pusat belanja kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sejumlah pengunjung menghampiri bazar diskon belanja pakaian dari sebuah ritel besar dan sibuk memilah pakaian.

Tawaran potongan harga dibanderol mulai seharga Rp89-150 ribu untuk kemeja. Sedangkan untuk pakaian santai dibanderol potongan harga hingga 75 persen dari harga normal.

Tak hanya itu, sejumlah ritel busana, sepatu dan aksesoris masih memberi penawaran turun harga mulai dari harga Rp100 ribu hingga potongan harga sebesar 70 persen.

Selain itu, sejumlah ritel aksesoris dan sepatu memberi penawaran kepada pengunjung seperti beli satu gratis satu, maupun potongan harga. Salah satu pengunjung bernama Ratih (32) mengaku mengincar potongan harga belanja pakaian untuk mengganti gaya berbusana seluruh keluarganya.

 "Beli untuk suami dan juga anak-anak, karena kalau beli di akhir tahun pasti ludes banyak yang beli. Awal tahun pasti ada lagi diskon dan kami semua harus ganti gaya," ujar dia.


 Lengang
   
Sejumlah ruas jalan di wilayah Jakarta terpantau lengang pada libur Tahun Baru 2019, Selasa (1/1).  Pantauan Antara pada Selasa siang, jalan-jalan didominasi kendaraan sepeda motor dan hanya sedikit beroda empat.

Sejumlah kawasan di Jakarta Pusat seperti kawasan Tanah Abang terpantau lancar, sementara Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman dan Bundaran Senayan juga lengang. Jalanan masih tampak basah akibat hujan deras yang melanda Jakarta sejak malam thun baru hingga pagi pergantian tahun.

Di daerah Salemba, Matraman, dan Kwitang yang biasanya dipadati kendaraan, hari ini pun sepi kendaraan.

Demikian pula, kondisi jalan di Jakarta Selatan juga terpantau lancar di antaranya Kemang, Mampang Prapatan, Rasuna Said, dan Gatot Subroto.

Untuk jalur yang mengarah ke Kebun Binatang Ragunan mulai padat dipenuhi kendaraan dari para pengunjung yang akan berwisata pada hari libur Tahun Baru.

Sedangkan, arus lalu lintas ke arah tempat wisata lainnya seperti Ancol,  Taman Mini Indonesia Indah (TMII),  Kawasan IRTI Monas, sejak pagi hingga Selasa siang, terpantau padat. 

 "Banyak masyarakat yang ingin menyeberang melalui pelican crossing sehingga intensitas lampu merahnya menjadi lebih sering dan menyebabkan kepadatan," kata salah satu petugas lapangan Dinas Perhubungan Haerudin di kawasan IRTI Monas, Jakarta.

Baca juga: TMII sajikan budaya nasional sebagai pendidikan anak         
Baca juga: Pengunjung jejali Taman Margasatwa Ragunan di libur tahun baru     
 Baca juga: Ancol siagakan personel penjaga pantai 24 jam     
 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019