Bagi daerah sulit, seperti Lubuk Ulang Aling yang harus melintasi Sungai Batanghari, akan kami lapisi kembali dengan plastik
Padang (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, memprioritaskan daerah yang sulit dijangkau untuk distribusi logistik Pemilihan Umum 2019.

"Pada H-7 atau H-5 sudah distribusikan ke daerah. Targetnya pada H-1 pemilu, 17 April 2019, semua logistik pemilu sudah sampai di TPS," kata Ketua KPU Kabupaten Solok Selatan Nila Puspita ketika dihubungi dari Padang, Jumat (11/1).

Sejumlah daerah sulit dijangkau, antara lain, Lubuk Ulang Aling Kecamatan Sangir Batang Hari, Talao di Kecamatan Sangir Balai Janggo, dan Tandai Kecamatan Sangir.

Kondisi cuaca yang tidak menentu dan jarak yang dari ibu kota kabupaten, lanjut Nila Puspita, menjadi salah satu alasan kenapa daerah sulit yang didahulukan dalam distribusi logistik pemilu.

Kotak suara pemilu untuk daerah sulit yang menempuh perjalanan jauh dan melintasi sungai, kata dia, akan dilapisi kembali dengan plastik agar tidak rusak

"Bagi daerah sulit, seperti Lubuk Ulang Aling yang harus melintasi Sungai Batanghari, akan kami lapisi kembali dengan plastik," katanya.

Kotak suara pemilu untuk Solok Selatan sebanyak 2.990 buah, dan bilik suara 2.232 unit dengan perincian satu tempat pemungutan suara empat bilik suara.

Ia menyebutkan pula bahwa tempat pemungutan suara Pemilu 2019 di Solok Selatan sebanyak 558 TPS.

Selain kotak suara dan bilik suara, katanya lagi, logistik pemilu yang telah sampai ke Solok Selatan berupa sampul, tinta, stiker, hologram, dan paku alat pencoblosan.

"Yang belum surat suara," ujarnya.

Untuk pencetakan surat suara calon anggota DPRD kabupaten/kota, pihaknya masih menunggu surat edaran dari KPU RI apakah dilimpahkan ke daerah atau diambil kewenanganya di pusat.

"Sebelumnya, ada wacana akan dilimpahkan ke kabupaten/kota. Akan tetapi, sampai sekarang belum ada surat edarannya. Kami masih menunggu," ucapnya.

Pemilihan umum serentak pada tanggal 17 April 2019 untuk memilih pasangan calon presiden/wakil presiden, calon anggota DPR RI, calon anggota DPD RI, calon anggota DPRD provinsi, dan calon anggota DPRD kabupaten/kota.

Baca juga: Terpencil dan sulit dijangkau, KPU Serang beri perhatian khusus sejumlah TPS

Baca juga: KPU Ngawi terima logistik Pemilu 2019

Baca juga: KPU Jabar mengecek kesiapan logistik di Bekasi

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019