Palembang (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang, Sumatera Selatan menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilu yang dijadwalkan berlangsung pada 17 April 2019 mencapai 77,5 persen.

"Partisipasi masyarakat dalam pemilihan anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden yang pada periode 2019-2024 digelar bersamaan ditargetkan lebih banyak dari pesta demokrasi sebelumnya paling tinggi 70 persen," kata Komisioner KPU Kota Palembang Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, Yetty Oktarina di Palembang, Rabu.

Dalam Pemilu 2019 ini tercatat 1.126.087 masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), masyarakat yang memiliki hak suara diharapkan dapat menggunakan haknya tersebut dengan baik sesuai hati nurani.

Untuk mendorong masyarakat yang memiliki hak suara menggunakan haknya dalam Pemilu yang tinggal beberapa bulan lagi itu, pihaknya berupaya menggalakkan kegiatan sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi tersebut selain dilakukan komisioner KPU, pihaknya berupaya memanfaatkan secara maksimal 55 relawan demokrasi.

Relawan demokrasi ditugaskan melakukan sosialisasi semua hal terkait Pemilu ke seluruh lapisan dan elemen masyarakat atau sesuai 10 segmen kelompok masyarakat seperti kelompok disabilitas, pemilih pemula, warganet/kelompok pengguna media sosial, dan keagamaan.

Melalui upaya tersebut diharapkan bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya saat berlangsungnya pesta demokrasi rakyat itu sesuai dengan target yang ditetapkan, ujar Yetty.

Baca juga: KPU Batang targetkan partisipasi pemilih 77,5 persen
Baca juga: KPU Sleman targetkan partisipasi pemilih Pemilu 2019 meningkat
Baca juga: KPU Sumut optimistis partisipasi pemilih capai 70 persen

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019