Khofifah-Emil akan pidato politik di Tugu Pahlawan usai dilantik

id khofifah-emil

Mantan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (ANTARA /Puspa Perwitasari)

Surabaya (ANTARA News) - Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak akan melakukan pidato politiknya sehari usai dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 di Tugu Pahlawan Surabaya.

"Pelantikannya 13 Februari di Jakarta, lalu 14 Februari mengikuti sejumlah kegiatan di Surabaya, termasuk pidato politik di Tugu Pahlawan," ujar Khofifah ditemui usai silaturahim dan pamit dengan Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin malam.

Khofifah menegaskan telah bersama Emil Dardak memiliki agenda kerja 99 hari pertama memimpin Provinsi Jatim dan meminta restu kepada masyarakat sehingga menjadi lebih baik.

Mantan Menteri Sosial itu merinci, pada 13 Februari, pelantikan di Istana Negara digelar pukul 15.30 WIB, kemudian mendatangi kantor KPK karena ingin mengedepankan aspek preventif (pencegahan) dalam pengelolaan pemerintahan daerah.

"Saya ke KPK usai dilantik, lalu keesokan paginya ke BPK. Tentang pencegahan, itu harus dikedepankan sehingga ASN bisa bekerja tenang penuh dengan kepastian," ucap ketua umum PP Muslimat NU tersebut.

Kemudian pada 14 Februari atau Kamis siang, Khofifah-Emil mendarat di Surabaya dan langsung menuju Masjid Al Akbar untuk melaksanakan sujud syukur.

Dari Masjid Al-Akbar, kata dia, dilanjutkan ke Tugu Pahlawan, lalu ke Gedung Negara Grahadi sekaligus menyantuni anak yatim dan kaum dhuafa serta Khotmil Qur`an sejak Kamis pagi.

"Bagi yang menjalankan ibadah puasa bisa berbuka di Grahadi, kemudian juga bersilaturahim," katanya.

Sedangkan, pada Jumat (15/2), ia langsung bekerja karena Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) harus dikerucutkan sampai kepada kristalisasi yang berseiring dengan Nawa Bhakti Satya.

"Barulah Senin, 18 Februari dilakukan serah terima jabatan di Kantor DPRD Jatim, sekaligus penyampaian visi-misi Gubernur Jatim periode 2019-2024 di hadapan anggota DPRD Jatim," katanya.

Sementara itu, disinggung menempati rumah dinas di Gedung Negara Grahadi, Khofifah mengaku belum memikirkan dan masih tinggal di kediaman pribadinya di kawasan Jemursari Surabaya.

Di tempat sama, Wagub Jatim terpilih Emil Dardak juga mengaku belum memikirkan soal kepastian menempati rumah dinas di Jalan Imam Bonjol setelah resmi menjabat sebagai Wagub Jatim nantinya.

"Selama masa kampanye Pilkada Jatim 2018, saya sudah mengontrak rumah di Surabaya yang tak jauh dari kediaman Bu Khofifah," kata suami Arumi Bachsin tersebut.

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar