Palembang (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang, Sumatera Selatan mengalami kekurangan tempat penyimpanan kotak surat suara sehingga kegiatan perakitan kotak untuk Pemilu 17 April 2019 itu terganggu.

Kegiatan perakitan 25 ribu kotak surat suara yang akan disebar di 4.805 TPS untuk pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presden/wapres belum bisa dimaksimalkan karena ruangan di kantor KPU sudah dipenuhi kotak yang baru selesai dirakit sementara di halaman belakang gedung kantor masih dipenuhi kotak lama yang dalam proses lelang, kata Komisioner KPU Kota Palembang Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, Yetty Oktarina di Palembang, Kamis.

Sejak sepekan terakhir pihaknya mulai melakukan kegiatan perakitan kotak surat suara Pemilu 2019, namun karena keterbatasan ruangan penyimpanan kegiatan itu belum bisa diselesaikan.

Baca juga: Surat suara pemilu sudah sampai di Palembang

Baca juga: KPU Palembang butuh 45 hari lipat surat suara


Hingga sekarang ini, pihaknya baru menyelesaiakan perakitan sekitar 2.000? kotak surat suara dari 25 ribu kotak yang dibutuhkan untuk kegiatan Pemilu 2019.

Untuk menyiapkan perlengkapan Pemilu tersebut sekarang ini masih bisa dilakukan staf KPU Palembang karena jumlah kotak yang akan dirakit tidak terlalu banyak dan tidak harus segera selesai.

Sementara untuk melakukan pelipatan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD provinsi, dan pemilhan DPRD kabupaten/kota akan melibatkan pihak luar KPU karena jumlahnya sangat banyak dan harus selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal pendistribusiannya. ?

Selain melakukan persiapan logistik/perlengkapan Pemilu 2019 yang digelar bersamaan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif, pihaknya juga berupaya menggalakkan kegiatan sosialisasi tahapan pesta demokrasi rakyat itu.

Kegiatan sosialisasi perlu dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat menyukseskan Pemilu 2019 dan mendorong mereka menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani.

Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang, menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 17 April 2019 mencapai 77,5 persen dari? 1.126.087 masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

"Partisipasi masyarakat dalam pemilihan anggota legislatif serta presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 ditargetkan lebih banyak dari pesta demokrasi sebelumnya paling tinggi 70 persen," ujar Yetty.

Baca juga: KPU Palembang targetkan partisipasi pemilih 77,5 persen

Baca juga: KPU Palembang mulai siapkan perlengkapan Pemilu 2019


 

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019