Jakarta (ANTARA News) - Forum Betawi Rempug (FBR) Jakarta Utara mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin, pada Pemilu 2019.

Sekretaris FBR Jakarta Utara, Razak, mengatakan, alasan mendukung pasangan ini karena selama ini Jokowi sangat peduli kepada warga asal etnis Betawi. 

"Karena setelah satu bulan menjabat guberbur DKI, semua karyawan Pemda pakai baju adat betawi. Karena kami orang Betawi dari FBR, kami lihat kebetawian dia dulu yang peduli," kata dia, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan, setiap kunjungan-kunjungan kenegaraan Jokowi selalu pakai baju adat Betawi, sehingga secara tidak langsung mempromosikan baju betawi ke mancanegara.

Menurut dia, selama ini belum ada Presiden yang mau datang ke acara Lebaran Betawi, baru Jokowi yang melakukan itu.

Dia menegaskan, FBR siap memenangkan Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Pemilu 2019 dan berharap apabila pasangan itu terpilih, bisa lebih peduli lagi dengan etnis dan budaya Betawi terutama di DKI Jakarta.

Hal itu menurut dia agar warga Betawi bisa lebih maju, semakin mengenal budayanya dan lebih dikenal masyarakat dalam maupun luar negeri.

"Agar warga Betawi lebih maju lagi, lebih mengenal adat istiadatnya, mengenal budayanya agar lebih dikenal di dunia," katanya.

Ada dua pasang kontestan menuju kursi kepresidenan masa bakti 2019-2024 pada Pemilu 2019 kali ini, yaitu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (nomor 02), dan petahana, Jokowi, yang berpasangan dengan ulama senior, KH Ma'ruf Amin (mereka mendapat nomor 01).

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019