Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mengutamakan daerah terpencil, tersulit, pendistribusian logistik pemilu dan surat suara jelang pemilihan presiden dan wakil presiden, legislatif dan DPD.

"Daerah-daerah seperti Kecamatan Pipikoro, Kulawi Selatan, Lindu, Marawola Barat, Kinovaro, Manggalapi, ini akan di utamakan pendistribusiannya," ucap Komisioner KPU Sigi Bidang Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat Anhar Lasingki, Senin.

KPU Sigi menargetkan mulai pendistribusian surat suara ke wilayah-wilayah terpencil, tersulit, H-7 pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Pantauan Antara di KPU Sigi, Senin, kegiatan menyortir, melipat surat suara mulai di laksanakan oleh KPU Sigi melibatkan masyarakat di sekitar Desa Maku.

Terkait hal itu Kepala Sekretariat KPU Sigi Moh. Taufik mengemukakan jumlah surat suara yang masuk sebanyak 841.942 lembar terdiri dari surat suara presiden dan wakil presiden, DPD, DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Sigi.

Taufik menguraikan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden berjumlah 167.388 lembar, surat suara DPR-RI 167, 388 lembar, DPD, 167.388 lembar dan DPRD Provinsi daerah pemilihan enam 167,388 lembar.

DPRD Kabupaten Sigi, daerah pemilihan 1 sebanyak 48.694 surat suara, daerah pemilihan 2, 27.790 lembar surat suara. Dapil 3, 29.083 lembar surat suara. Dapil 4, 37.557 lembar surat suara dan daerah pemilihan lima, 29.266 lembar surat suara.
"Kegiatan sortir, lipat surat suara di mulai hari ini, diperkirakan selesai paling lambar tanggal 7. Namun, kami upayakan selesai tanggal 5," kata Taufik.

Ia menyebut, kegiatan sortir surat suara di fokuskan pada lembar kertas surat suara untuk pemilihan DPRD Provinsi Sulawesi Tengah.

KPU melibatkan 310 tenaga yang merupakan masyarakat untuk mempercepat kegiatan sortir/lipat surat suara.
"Ada kertas surat suara yang rusak, seperti terkena tinta dan sebagainya, namun kami belum pilah atau hitung," ujar dia.
KPU Sigi melibatkan masyarakat untuk menyortir surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, legislatif dan DPD, di KPU Sigi, Senin. (Antaranews/Muhammad Hajiji)
 
KPU Sigi melibatkan masyarakat untuk menyortir surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, legislatif dan DPD, di KPU Sigi, Senin. (Antaranews/Muhammad Hajiji)
Komisioner KPU Sigi Bidang Sosialisasi, SDM dan Partisipasi Masyarakat Anhar Lasingki (Antaranews/Muhammad Hajiji)



 

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019