Polda Maluku Utara gelar operasi cipta kondisi sambut Ramadhan

id polda maluku,gelar cipta kondisi,jelang ramadan

Polda Malut saat menggelar pelaksanaan operasi cipta kondisi menjelang Ramadhan (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Polda Maluku Utara (Malut) menggelar cipta kondisi dengan patroli dan melakukan razia minuman keras (miras) yang beredar di wilayah Malut guna mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas selama pelaksanaan ibadah Ramadhan nanti.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto di Ternate, Jumat, mengatakan, operasi cipta kondisi ini berlangsung di tempat keramaian seperti terminal maupun pelabuhan guna mengantisipasi adanya peredaran miras yang masuk terutama di Kota Ternate.

Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam menjaga ibadah Ramadan ini bisa berjalan dan akan menggelar Operasi Ketupat nanti.

Dalam operasi cipta kondisi itu, aparat kepolisian berhasil mengamankan ratusan miras yang disinyalir bisa mengganggu aktivitas warga selama Ramadhan.

Oleh karena itu, dirinya mengharapkan agar adanya peran masyarakat dalam memberikan informasi kepada aparat keamanan terkait dengan peredaran miras, agar suasana kondusif bisa dirasakan warga di wilayah Malut.

Sebelumnya, Polres Kota Ternate menerjunkan personelnya untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas guna memberikan kenyamanan bagi umat muslim di Ternate dalam menjalankan ibadah Ramadan.

Kapolres Kota Ternate, AKBP Azhari Juanda ketika dihubungi mengakui, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot Ternate dan pengelola tempat hiburan untuk menutup aktivitas selama Ramadan.

Selain itu, kata Azhari, koordinasi ini dilakukan guna mengendalikan ketertiban selama pelaksanaan ibadah Ramadan guna melahirkan semangat saling menghormati antar-sesama umat beragama di wilayah Ternate.

Kapolres mengakui, saat ini, pihaknya akan bersama-sama dengan Pemkot Ternate untuk menjaga ketertiban selama ibadah Ramadan, agar umat muslim bisa terasa nyaman menjalan ibadah puasa.

Sementara itu, Pemkot Ternate telah mengeluarkan surat edaran untuk menutup seluruh aktivitas mulai dari tempat hiburan dan rumah makan pada siang hari selama umat muslim menjalankan ibadah di bulan Ramadhan.

Baca juga: Brigjen Pol Nana Sudjana terima Pataka Polda NTB
Baca juga: Polda Sulut lakukan tes urine personel Pamen
Baca juga: Hari keempat Operasi Keselamatan Jaya 2019 jaring 5.030 pelanggaran

 

Pewarta : Abdul Fatah
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar