Ternate (ANTARA) - Harita Nickel Division pererat silaturahim dengan warga desa di sekitar lokasi tambang melalui Safari Ramadhan di Masjid Al-Baqi Desa Soligi dan Masjid An-Nur Desa Kawasi Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut).

"Kami senang perusahaan tunjukkan bentuk kepedulian sesama manusia dalam upaya menjaga tali silaturahim terutama saat bulan Ramadhan," kata Imam Besar Desa Soligi Lahamina Lanurusia melalui siaran pers yang diterima Antara, Sabtu.

Lahamina pun menyimpan harapan kepada perusahaan dan tidak ingin hubungan baik ini hanya terjadi pada kegiatan Safari Ramadan semata dan semoga lain kali ada kegiatan lagi yang bermanfaat di desa.

Dalam kesempatan ini, Lahamina juga berkeinginan agar perusahaan dapat membantu warga desa dalam berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan ibadah di masjid yang masih membutuhkan sarana pendukung.

Harapan Lahamina ternyata disambut baik oleh Harita Nickel Division. Untuk tahap awal, perusahaan segera menyediakan karpet dan menambah koleksi Al Quran yang dimiliki oleh masjid Desa Soligi dan tidak menutup kemungkinan bahwa kerja sama antara perusahaan dan pengurus masjid akan berlanjut pada hal-hal lainnya.

Pemberian semacam ini tidak hanya dilakukan di Desa Soligi, tetapi juga dilakukan di Desa Kawasi yang letaknya lebih dekat dari lokasi perusahaan.

Seperti di Desa Soligi, kegiatan Safari Ramadhan yang diadakan di Desa Kawasi juga berlangsung hangat.

Perwakilan Harita Nickel Division berbaur bersama warga Desa Kawasi. Pengurus masjid Desa Kawasi, Halil Palaudi, mengaku senang dengan adanya kegiatan Safari Ramadan ini. Ia dan pengurus masjid lainnya bisa berdiskusi dengan perwakilan perusahaan untuk menciptakan program keagamaan yang lebih baik lagi di lain waktu.

"Dengan adanya acara ini kami juga bisa lebih mengenal rekan-rekan dari perusahaan agar komunikasi yang terjalin semakin baik untuk ke depannya," ujar Halil.

Safari Ramadhan kali ini melibatkan setidaknya 150 orang warga di dua desa yang berbeda. Mereka terdiri dari anak-anak hingga dewasa, baik pria maupun wanita.

Sementara itu, Advisor Corporate Social Responsibility (CSR) Harita Nickel Division, Said Madrowi, mengatakan bahwa ini menjadi momen tepat bagi perusahaan dan warga desa untuk saling mendekatkan diri dan mengenal satu sama lain.

"Dalam kesempatan ini kami juga ingin mengajak masyarakat untuk sama-sama membangun kegiatan spiritual, terutama di bulan puasa, agar semakin baik dalam beribadah kepada Allah," ujar Said.

Dia menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial dari perusahaan demi terciptanya hubungan yang kian harmonis dengan seluruh elemen masyarakat.

Safari Ramadan merupakan kegiatan yang di dalamnya termuat serangkaian acara seperti buka puasa bersama, shalat berjamaah serta ramah tamah antara perwakilan perusahaan dan warga desa. Melalui kegiatan ini, tercipta komunikasi yang lebih intens antara kedua belah pihak sehingga peluang untuk melakukan kerja sama yang saling memberdayakan pun terbuka lebar.

Dalam penyelenggaraan Safari Ramadhan di Desa Soligi, Sekretaris Desa Wahyudin Hamani, S.Pd mengungkapkan apresiasinya kepada pihak perusahaan.

Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat penting dalam menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan warga desa.

Dia berharap, melalui acara ini, perusahaan dapat lebih mengetahui potensi yang ada di Desa Soligi dan membantu warga untuk mengembangkannya melalui berbagai program.*


Baca juga: Kementerian BUMN pecahkan rekor Muri pembagian 34.000 Al Quran

Baca juga: PT PP Safari Ramadhan salurkan kebutuhan pokok


 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019