tiga aspek dalam persiapan angkutan Lebaran 2019, yaitu keselamatan, keamanan dan pelayanan
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah menyetujui dan menerbitkan 313 izin penerbangan tambahan (extra flight) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghadapi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran 2019.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti dalam acara buka puasa bersama anak yatim dan media di Jakarta, Senin, menjelaskan, pada periode angkutan Lebaran 2019 diperkirakan permintaan penerbangan tambahan akan terus bertambah untuk melayani masyarakat yang ingin mudik atau cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

“Penambahan extra flight ini diberikan kepada maskapai guna mengantisipasi lonjakan penumpang dan kelancaran selama arus mudik Lebaran,” kata Polana.

Berdasarkan posisi data per 27 Mei 2019, Ditjen Perhubungan Udara telah mengeluarkan 313 izin terbang atau Flight Approval (FA ) untuk rute domestik, sedangkan 47 FA untuk rute internasional.

Polana meyakini permintaan penerbangan tambahan akan terus bertambah sejalan dengan permintaan maskapai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Tidak menutup kemungkinan jumlah extra flight bertambah karena masih banyak permintaan dari maskapai sampai saat ini,” ujarnya.

Adapun maskapai yang sudah mengajukan izin terbang dari Air Asia Indonesia sebanyak 130 FA untuk rute domestik, Sriwijaya Air telah disetujui untuk rute domestik sebanyak 12 FA, Lion Air sebanyak 111 FA, Express Air sebanyak 24 FA, Susi Air sebanyak 22 FA dan TransNusa sebanyak 14 FA.

Sedangkan penerbangan untuk rute internasional, telah disetujui untuk maskapai Jet Star sebanyak 25 FA, Silk Air sebanyak enam FA, Malaysia Airlines sebanyak 14 FA, dan Saudi sebanyak dua FA.

Polana juga mengingatkan kepada operator penerbangan untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan penerbangan serta selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat pengguna jasa transportasi udara.

“Kami Ditjen Perhubungan Udara akan fokus kepada tiga aspek dalam persiapan angkutan Lebaran 2019. Ketiga aspek tersebut adalah keselamatan, keamanan dan pelayanan. Kami siap memberikan pelayanan yang prima kepada pemudik,” katanya.
 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019