Tangerang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Tangerang Banten telah menyiagakan mobil derek dalam mengantisipasi terjadinya kendaraan pemudik yang mogok dan dapat menyebabkan kemacetan.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangerang yakni Wahyudi Iskandar di Tangerang Selasa menuturkan, mobil derek tersebut adalah bagian dari kesiapan Dishub untuk mewujudkan perjalanan pemudik yang lancar dan aman.

Gangguan di jalur mudik perlu diantisipasi sedini mungkin dan yang akan terjadi. Sehingga penyediaan mobil derek adalah antisipasi dari terjadinya kemacetan.

"Meski tak ada pasar tumpah di jalur mudik. Namun kendaraan mogok bisa saja terjadi maka itu perlu diantisipasi dengan penyediaan mobil derek dalam membantu sehingga tak terjadi kemacetan," ujarnya.

Dijelaskannya, jalur mudik di Kota Tangerang dipenuhi pengendaraan saat malam hari. Banyak warga memilih malam disebabkan karena faktor cuaca yang sejuk.

Oleh karena itu, sebanyak 290 personil diterjunkan untuk mendukung pengamanan mudik dan libur lebaran. Jumlah itu akan ditambah 172 personil dari Kepolisian Polres Metro Tangerang Kota.

Fasilitas pendukung lainnya yang disiapkan pun seperti rambu penunjuk jalan, CC Room, dan peralatan himbauan portable yang nanti dipasang khususnya di terminal.

Petugas pun akan memberikan himbauan kepada pemudik yang membawa barang berlebihan demi keselamatan bersama.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019