KM Mentari Selaras terbakar di perairan Waingapu, 17 ABK diselamatkan

id kapal terbakar

Asap tebal yang mengepul dari ruangan mesin Kapal Motor Mentari Selaras, Jakarta yang terbakar di perairan Waingapu, Sabtu (8/6/2019. (Antara Foto/Basarnas Kupang)

Kupang (ANTARA) - Kapal Motor Mentari Selaras, Jakarta, yang sedang dalam pelayaran dari Waingapu, Kabupaten Sumba Timur menuju Ende, Nusa Tenggara Timur terbakar di perairan Sumba pada Sabtu (8/6), namun sebanyak 17 anak buah kapal (ABK) yang berada dalam kapal naas itu berhasil diselamatkan tim SAR.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kupang, Nusa Tenggara Timur, Emi Frizer membenarkan adanya peristiwa kebakaran yang menimpa KM Mentari Selaras pada Sabtu (8/6/2019) pukul 06.30 Wita.

Menurut Frizer, kebakaran itu terjadi saat KM Mentari Selaras sedang dalam pelayaran dari pelabuhan Nusantara, Waingapu menuju Ende, Kabupaten Ende tepatnya pada koordinat 9°33'53.14”S-120°19'34.35"E.

Mengetahui adanya peristiwa itu, kata dia, pihaknya langsung mengerakan tim SAR Waingapu ke lokasi kejadian untuk melakukan upaya penyelamatan terhadap awak kapal serta memadamkan api pada yang membakar kapal tersebut.

"Ada 17 ABK dalam kapal yang terbakar itu. Semuanya sudah berhasil kita selamatkan," tegas Frizer.

Ia mengatakan, TIM SAR terdiri dari unsur Basarnas, TNI AL, Kepolisian serta KSOP Waingapu bersama-sama membantu melakukan pemadamaan dan mengevakuasi para ABK KM Mentari Selaras yang mengalami kebakaran pada mesin bagian belakang kapal.

Menurut Friezer, KM Mentari Selaras telah ditarik tim SAR dengan menggunakan tug boat Prima Power 05 menuju kawasan pelabuhan Waingapu.

Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Edy Supriyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar