"Hari ini ada sekitar 255 penumpang berangkat menggunakan KM Laskar Pelangi. Sebagian penumpang itu yang sempat menginap karena tidak berangkat kemarin (Selasa)," kata Bahtiar.
Mamuju (ANTARA) - Sebanyak 255 penumpang arus balik di Pelabuhan Simboro, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Rabu (12/6) sore diberangkatkan menggunakan KM Laskar Pelangi menuju Pelabuhan Kariangau, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ketua posko arus mudik Pelabuhan Simboro Mamuju Bahtiar mengatakan, para penumpang arus balik yang diberangkatkan pada Rabu sore itu, sebagian merupakan pemudik yang tidak terangkut KM Persada Nusantara pada Selasa (11/6).

"Hari ini ada sekitar 255 penumpang berangkat menggunakan KM Laskar Pelangi. Sebagian penumpang itu yang sempat menginap karena tidak berangkat kemarin (Selasa)," kata Bahtiar.

Ia mengakui, masih ada sekitar 100 orang yang menunggu di Pelabuhan Simboro untuk pemberangkatan arus balik pada Kamis (13/6).

"Penumpang yang tersisa hari ini semuanya akan diberangkatkan pada pelayaran arus balik besok (Kamis) menggunakan KM Persada Nusantara," ujar Bahtiar.

Ia menyatakan, proses angkutan Lebaran hingga saat ini tetap berjalan lancar, aman dan tertib.

"Kami berharap, seluruh proses angkutan Lebaran di Pelabuhan Simboro tahun ini berjalan lancar,aman dan tertib hingga seluruh pemudik kembali ke daerah tempatnya masing-masing bekerja," kata Bahtiar.

Sebelumnya, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Mamuju Jondrajuis mengatakan, terdapat dua kapal yang telah disiapkan pada angkutan Lebaran tahun ini, yakni KM Laskar Pelangi dan KM Persada Nusantara.

Kantor UPP Mamuju, lanjutnya, telah mengurai para penumpang untuk menghindari terjadinya penumpukan pada arus balik Lebaran tersebut.

"Pada angkutan Lebaran tahun ini, ada satu unit kapal tambahan, yakni KM Persada Nusantara," kata Jondrajuis.

Puncak arus balik di Pelabuhan Simboro, kata dia, diprediksi berlangsung mulai tanggal 15 sampai 17 Juni 2019.

"Para pemudik yang akan kembali ke Kaltim umumnya pekerja tambang dan perkebunan sehingga mereka tidak terlalu terburu-buru pulang, seperti anak sekolah dan ASN," ujarnya.

"Jadi, kami memprediksi, puncak arus balik Lebaran di Pelabuhan Simboro akan berlangsung mulai tanggal 15 sampai 17 Juni 2019," kata Jondrajuis.

Pewarta: Amirullah
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019